PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE RANTAI TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh proses pembelajaran dengan menggunaan media puzzle rantai terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas II SD Muhammadiyah Program Khusus Surakarta. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas II SD Muhammadiya...

Ausführliche Beschreibung

Gespeichert in:
Bibliographische Detailangaben
1. Verfasser: AZHARRI, MUHAMMAD YUSUF
Format: Abschlussarbeit
Sprache:English
English
English
English
English
English
English
English
Veröffentlicht: 2011
Schlagworte:
Online Zugang:https://eprints.ums.ac.id/13685/
Tags: Tag hinzufügen
Keine Tags, Fügen Sie den ersten Tag hinzu!
Beschreibung
Zusammenfassung:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh proses pembelajaran dengan menggunaan media puzzle rantai terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas II SD Muhammadiyah Program Khusus Surakarta. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas II SD Muhammadiyah Program Khusus Surakarta berjumlah 64 siswa. Sampel diambil sebanyak 32 siswa dengan teknik sampel populasi. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, uji t, koefisien determinasi, dan sumbangan efektif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier sederhana yaitu Y = 43,48+0,62X, artinya kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika dipengaruhi oleh penggunaan media puzzle rantai. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan media puzzle rantai berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika. Hal ini terbukti dari hasil uji t pada taraf signifikansi 5% diperoleh t hitung > ttabel yaitu 4,564 > 1,694. Variabel media puzzle rantai memberikan sumbangan efektif terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika sebesar 42,21%.