PERSEPSI GURU TENTANG PERAN KEPALA SEKOLAH DAN IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI SD NEGERI WIROSARI KECAMATAN WIROSARI KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Persepsi guru tentang peran kepala sekolah berpengaruh positif terhadap peningkatan mutu pendidikan; 2) Implementasi manajemen berbasis sekolah berpengaruh positif terhadap peningkatan mutu pendidikan; 3) Persepsi guru tentang peran kepala...
Sábháilte in:
Príomhchruthaitheoir: | |
---|---|
Formáid: | Tráchtas |
Teanga: | English English English English English English English English |
Foilsithe / Cruthaithe: |
2011
|
Ábhair: | |
Rochtain ar líne: | https://eprints.ums.ac.id/13682/ |
Clibeanna: |
Cuir clib leis
Níl clibeanna ann, Bí ar an gcéad duine le clib a chur leis an taifead seo!
|
Achoimre: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Persepsi guru tentang
peran kepala sekolah berpengaruh positif terhadap peningkatan mutu pendidikan;
2) Implementasi manajemen berbasis sekolah berpengaruh positif terhadap
peningkatan mutu pendidikan; 3) Persepsi guru tentang peran kepala sekolah dan
implementasi manajemen berbasis sekolah berpengaruh positif terhadap
peningkatan mutu pendidikan.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan analisis statistik
untuk menguji hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SD
Negeri Wirosari yang berjumlah 30 orang. Seluruh populasi diteliti sehingga
disebut penelitian populasi, sehingga tidak menggunakan teknik sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket yang telah diujicobakn terlebih dahulu
dan diuji validitas serta uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah
analisis regresi ganda, uji t, uji F, uji R2 , serta sumbangan relatif dan efektif.
Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 14,927 +
0,425.X1 + 0,499.X2 . Artinya mutu pendidikan dipengaruhi oleh persepsi guru
tentang peran kepala sekolah dan implementasi MBS. Kesimpulan yang diambil
dari penelitian adalah: 1) Persepsi guru tentang peran kepala sekolah berpengaruh
positif terhadap mutu pendidikan di SD Negeri Wirosari. Hal ini terbukti dari
hasil uji t yang memperoleh thitung X1 = 3,088 lebih besar dari ttabel (2,042) pada
taraf signifikansi 5%; 2) Implementasi MBS berpengaruh positif terhadap mutu
pendidikan di SD Negeri Wirosari. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang
memperoleh thitung X2 = 3,711 lebih besar dari ttabel (2,042) pada taraf signifikansi
5%; 3) Persepsi guru tentang peran kepala sekolah dan implementasi MBS secara
bersama-sama berpengaruh positif terhadap mutu pendidikan. Hal ini terbukti dari
hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 28,109 lebih besar dari Ftabel (3,39)
pada taraf signifikansi 5%. Persepsi guru tentang peran kepala sekolah
memberikan kontribusi sebesar 29,9%, sedangkan variabel implementasi MBS
memberikan kontribusi sebesar 37,7% terhadap mutu pendidikan. Secara
keseluruhan persepsi guru tentang peran kepala sekolah dan implementasi MBS
memberikan kontribusi sebesar 67,6% terhadap mutu pendidikan.
|
---|