PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN BELAJAR TUNTAS DAN METODE SNOWBALL THROWING TERHADAP SISWA KELAS V SD NEGERI PLUMBON 2 KECAMATAN SAMBUNGMACAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah ”untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika dengan pendekatan belajar tuntas dan metode snowball throwing terhadap siswa kelas V SD Negeri Plumbon 2”. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu. Penelitian ini mengambil lokasi di S...
Shranjeno v:
Glavni avtor: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Jezik: | English English English English English English English English |
Izdano: |
2011
|
Teme: | |
Online dostop: | https://eprints.ums.ac.id/13672/ |
Oznake: |
Označite
Brez oznak, prvi označite!
|
Izvleček: | Tujuan penelitian ini adalah ”untuk mengetahui perbedaan hasil belajar
matematika dengan pendekatan belajar tuntas dan metode snowball throwing
terhadap siswa kelas V SD Negeri Plumbon 2”.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu. Penelitian ini
mengambil lokasi di SD Negeri Plumbon 2 Tahun Ajaran 2010/2011. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa SD N PLUMBON 2 dengan jumlah 50 siswa.
Kelas VA yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen A yang diberi
perlakuan pembelajaran dengan Pendekatan Belajar Tuntas ( Mastery Learning),
dan siswa kelas VB yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen B yang
diberi perlakuan pembelajaran dengan mertode Snowball Throwing. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi dan dokumentasi. Uji
prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas dan homogenitas. Teknik
analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t (uji perbedaan
rerata).
Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Terdapat perbedaan Hasil belajar
matematika antara pendekatan belajar tuntas (mastery learning) dengan metode
pembelajaran snowball throwing. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu
2,211> 2,011. 2) Hasil belajar matematika siswa yang dikenai pendekatan belajar
tuntas (mastery learning) lebih baik jika dibandingkan dengan metode
pembelajaran snowball throwing. Berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar
matematika kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, yaitu 81,6 > 74,2.
|
---|