PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN BELAJAR TUNTAS DAN METODE SNOWBALL THROWING TERHADAP SISWA KELAS V SD NEGERI PLUMBON 2 KECAMATAN SAMBUNGMACAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah ”untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika dengan pendekatan belajar tuntas dan metode snowball throwing terhadap siswa kelas V SD Negeri Plumbon 2”. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu. Penelitian ini mengambil lokasi di S...

Popoln opis

Shranjeno v:
Bibliografske podrobnosti
Glavni avtor: KUMALASARI, DEBA
Format: Thesis
Jezik:English
English
English
English
English
English
English
English
Izdano: 2011
Teme:
Online dostop:https://eprints.ums.ac.id/13672/
Oznake: Označite
Brez oznak, prvi označite!
Opis
Izvleček:Tujuan penelitian ini adalah ”untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika dengan pendekatan belajar tuntas dan metode snowball throwing terhadap siswa kelas V SD Negeri Plumbon 2”. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu. Penelitian ini mengambil lokasi di SD Negeri Plumbon 2 Tahun Ajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD N PLUMBON 2 dengan jumlah 50 siswa. Kelas VA yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen A yang diberi perlakuan pembelajaran dengan Pendekatan Belajar Tuntas ( Mastery Learning), dan siswa kelas VB yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen B yang diberi perlakuan pembelajaran dengan mertode Snowball Throwing. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas dan homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t (uji perbedaan rerata). Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Terdapat perbedaan Hasil belajar matematika antara pendekatan belajar tuntas (mastery learning) dengan metode pembelajaran snowball throwing. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,211> 2,011. 2) Hasil belajar matematika siswa yang dikenai pendekatan belajar tuntas (mastery learning) lebih baik jika dibandingkan dengan metode pembelajaran snowball throwing. Berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar matematika kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, yaitu 81,6 > 74,2.