STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN IPA ANTARA PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANGMOJO 01 TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode demonstrasi dan metode penemuan terbimbing pada siswa kelas IV SD Negeri Karangmojo 1 tahun ajaran 2010/2011. Variabel yang...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ANDARI, ZUNIA LUCKY
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13666/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995939483516928
author ANDARI, ZUNIA LUCKY
author_facet ANDARI, ZUNIA LUCKY
author_sort ANDARI, ZUNIA LUCKY
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode demonstrasi dan metode penemuan terbimbing pada siswa kelas IV SD Negeri Karangmojo 1 tahun ajaran 2010/2011. Variabel yang digunakan adalah prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam sebagai variabel terikat (X) dan metode demonstrasi dan metode penemuan terbimbing sebagai variabel bebas (Y). Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Karangmojo 01 tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 36 siswa, dan untuk sampelnya dari seluruh populasi yang ada dijadikan sampel yaitu yang terdiri dari dua kelas, kontrol dan eksperimen. Pengambilan data dilakukan dengan metode tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara metode demonstrasi dan metode penemuan terbimbing pada siswa kelas IV SDN karangmojo 01 Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011. Diperoleh dari hasil uji t yang memperoleh nilai thitung > ttabel (2,126>2,032) diterima pada taraf signifikansi 5%. Nilai rata-rata prestasi belajar IPA kelas eksperimen lebih besar atau lebih tinggi dari pada kelas kontrol pada pembelajaran yang menggunakan metode demonstrasi (8,36) dan yang menggunakan metode penemuan terbimbing (7,64) atau terdapat selisih 0,72. Artinya pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi lebih baik (lebih efektif) dalam meningkatkan hasil belajar IPA.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13666
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13666 https://eprints.ums.ac.id/13666/ STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN IPA ANTARA PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANGMOJO 01 TAHUN AJARAN 2010/2011 ANDARI, ZUNIA LUCKY L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode demonstrasi dan metode penemuan terbimbing pada siswa kelas IV SD Negeri Karangmojo 1 tahun ajaran 2010/2011. Variabel yang digunakan adalah prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam sebagai variabel terikat (X) dan metode demonstrasi dan metode penemuan terbimbing sebagai variabel bebas (Y). Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Karangmojo 01 tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 36 siswa, dan untuk sampelnya dari seluruh populasi yang ada dijadikan sampel yaitu yang terdiri dari dua kelas, kontrol dan eksperimen. Pengambilan data dilakukan dengan metode tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara metode demonstrasi dan metode penemuan terbimbing pada siswa kelas IV SDN karangmojo 01 Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011. Diperoleh dari hasil uji t yang memperoleh nilai thitung > ttabel (2,126>2,032) diterima pada taraf signifikansi 5%. Nilai rata-rata prestasi belajar IPA kelas eksperimen lebih besar atau lebih tinggi dari pada kelas kontrol pada pembelajaran yang menggunakan metode demonstrasi (8,36) dan yang menggunakan metode penemuan terbimbing (7,64) atau terdapat selisih 0,72. Artinya pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi lebih baik (lebih efektif) dalam meningkatkan hasil belajar IPA. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13666/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13666/3/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13666/5/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13666/10/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13666/12/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13666/15/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13666/17/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13666/21/LAMPIRAN.pdf ANDARI, ZUNIA LUCKY (2011) STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN IPA ANTARA PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANGMOJO 01 TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. A510070155
spellingShingle L Education (General)
ANDARI, ZUNIA LUCKY
STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN IPA ANTARA PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANGMOJO 01 TAHUN AJARAN 2010/2011
title STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN IPA ANTARA PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANGMOJO 01 TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN IPA ANTARA PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANGMOJO 01 TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN IPA ANTARA PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANGMOJO 01 TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN IPA ANTARA PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANGMOJO 01 TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN IPA ANTARA PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANGMOJO 01 TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort studi komparasi pembelajaran ipa antara penerapan metode demonstrasi dan metode penemuan terbimbing terhadap prestasi belajar siswa kelas iv sd negeri karangmojo 01 tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13666/
work_keys_str_mv AT andarizunialucky studikomparasipembelajaranipaantarapenerapanmetodedemonstrasidanmetodepenemuanterbimbingterhadapprestasibelajarsiswakelasivsdnegerikarangmojo01tahunajaran20102011