STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN IPA ANTARA PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANGMOJO 01 TAHUN AJARAN 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode demonstrasi dan metode penemuan terbimbing pada siswa kelas IV SD Negeri Karangmojo 1 tahun ajaran 2010/2011. Variabel yang...
में बचाया:
मुख्य लेखक: | |
---|---|
स्वरूप: | थीसिस |
भाषा: | English English English English English English English English |
प्रकाशित: |
2011
|
विषय: | |
ऑनलाइन पहुंच: | https://eprints.ums.ac.id/13666/ |
टैग: |
टैग जोड़ें
कोई टैग नहीं, इस रिकॉर्ड को टैग करने वाले पहले व्यक्ति बनें!
|
_version_ | 1804995939483516928 |
---|---|
author | ANDARI, ZUNIA LUCKY |
author_facet | ANDARI, ZUNIA LUCKY |
author_sort | ANDARI, ZUNIA LUCKY |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar
mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam antara siswa yang diajarkan dengan
menggunakan metode demonstrasi dan metode penemuan terbimbing pada siswa
kelas IV SD Negeri Karangmojo 1 tahun ajaran 2010/2011. Variabel yang
digunakan adalah prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam sebagai variabel terikat
(X) dan metode demonstrasi dan metode penemuan terbimbing sebagai variabel
bebas (Y).
Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif kuantitatif dengan
melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas
IV SD Negeri Karangmojo 01 tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 36 siswa, dan
untuk sampelnya dari seluruh populasi yang ada dijadikan sampel yaitu yang
terdiri dari dua kelas, kontrol dan eksperimen. Pengambilan data dilakukan
dengan metode tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t.
Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA
antara metode demonstrasi dan metode penemuan terbimbing pada siswa kelas IV
SDN karangmojo 01 Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011. Diperoleh dari hasil uji t
yang memperoleh nilai thitung > ttabel (2,126>2,032) diterima pada taraf signifikansi
5%. Nilai rata-rata prestasi belajar IPA kelas eksperimen lebih besar atau lebih
tinggi dari pada kelas kontrol pada pembelajaran yang menggunakan metode
demonstrasi (8,36) dan yang menggunakan metode penemuan terbimbing (7,64)
atau terdapat selisih 0,72. Artinya pembelajaran dengan menggunakan metode
demonstrasi lebih baik (lebih efektif) dalam meningkatkan hasil belajar IPA.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13666 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13666 https://eprints.ums.ac.id/13666/ STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN IPA ANTARA PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANGMOJO 01 TAHUN AJARAN 2010/2011 ANDARI, ZUNIA LUCKY L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode demonstrasi dan metode penemuan terbimbing pada siswa kelas IV SD Negeri Karangmojo 1 tahun ajaran 2010/2011. Variabel yang digunakan adalah prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam sebagai variabel terikat (X) dan metode demonstrasi dan metode penemuan terbimbing sebagai variabel bebas (Y). Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Karangmojo 01 tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 36 siswa, dan untuk sampelnya dari seluruh populasi yang ada dijadikan sampel yaitu yang terdiri dari dua kelas, kontrol dan eksperimen. Pengambilan data dilakukan dengan metode tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara metode demonstrasi dan metode penemuan terbimbing pada siswa kelas IV SDN karangmojo 01 Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011. Diperoleh dari hasil uji t yang memperoleh nilai thitung > ttabel (2,126>2,032) diterima pada taraf signifikansi 5%. Nilai rata-rata prestasi belajar IPA kelas eksperimen lebih besar atau lebih tinggi dari pada kelas kontrol pada pembelajaran yang menggunakan metode demonstrasi (8,36) dan yang menggunakan metode penemuan terbimbing (7,64) atau terdapat selisih 0,72. Artinya pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi lebih baik (lebih efektif) dalam meningkatkan hasil belajar IPA. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13666/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13666/3/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13666/5/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13666/10/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13666/12/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13666/15/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13666/17/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13666/21/LAMPIRAN.pdf ANDARI, ZUNIA LUCKY (2011) STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN IPA ANTARA PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANGMOJO 01 TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. A510070155 |
spellingShingle | L Education (General) ANDARI, ZUNIA LUCKY STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN IPA ANTARA PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANGMOJO 01 TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title | STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN IPA ANTARA PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANGMOJO 01
TAHUN AJARAN 2010/2011
|
title_full | STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN IPA ANTARA PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANGMOJO 01
TAHUN AJARAN 2010/2011
|
title_fullStr | STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN IPA ANTARA PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANGMOJO 01
TAHUN AJARAN 2010/2011
|
title_full_unstemmed | STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN IPA ANTARA PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANGMOJO 01
TAHUN AJARAN 2010/2011
|
title_short | STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN IPA ANTARA PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANGMOJO 01
TAHUN AJARAN 2010/2011
|
title_sort | studi komparasi pembelajaran ipa antara penerapan metode demonstrasi dan metode penemuan terbimbing terhadap prestasi belajar siswa kelas iv sd negeri karangmojo 01 tahun ajaran 2010 2011 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/13666/ |
work_keys_str_mv | AT andarizunialucky studikomparasipembelajaranipaantarapenerapanmetodedemonstrasidanmetodepenemuanterbimbingterhadapprestasibelajarsiswakelasivsdnegerikarangmojo01tahunajaran20102011 |