PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN MEDIA GAMBAR PADA POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS VIIIE SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa pada materi sistem peredaran darah manusia menggunakan strategi Giving Question and Getting Answers dengan media gambar siswa kelas VIIIE SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini adalah P...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: Kusumastuti, Dwi
格式: Thesis
語言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/13659/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa pada materi sistem peredaran darah manusia menggunakan strategi Giving Question and Getting Answers dengan media gambar siswa kelas VIIIE SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, observasi, dan tes. Data yang telah terkumpul dianalisis dari siklus I sampai III untuk mengetahui keberhasilan dalam pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: (1) Penerapan strategi Giving Question and Getting Answers dengan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dengan adanya kenaikan nilai rata-rata tiap siklus.(2) Rata-rata nilai dari aspek kognitif siklus I =68,5, siklus II=72,6, siklus III=81,3. (3) Rata-rata nilai dari aspek afektif siklus 1= 10,8 (kategori cukup berminat), siklus II= 11,1 (kategori cukup berminat), siklus III= 13,5 (kategori berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi Giving Question and Getting Answers dengan media gambar pada pokok bahasan sistem peredaran darah manusia dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas VIIIE SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun ajaran 2010/2011.