PENGGUNAAN POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010 / 2011

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan motivasi dan hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan power point dalam pembelajaran kooperatif model STAD pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Mojolaban Sukoharjo Tahun Ajaran 2010 / 2011. Penel...

Mô tả đầy đủ

Đã lưu trong:
Chi tiết về thư mục
Tác giả chính: Hatmoko Sriyono Putro, Rhembo
Định dạng: Luận văn
Ngôn ngữ:English
English
English
English
English
English
English
English
Được phát hành: 2011
Những chủ đề:
Truy cập trực tuyến:https://eprints.ums.ac.id/13654/
Các nhãn: Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
Miêu tả
Tóm tắt:Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan motivasi dan hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan power point dalam pembelajaran kooperatif model STAD pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Mojolaban Sukoharjo Tahun Ajaran 2010 / 2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan revisi terencana yang dilakukan dalam tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan, rata-rata hasil belajar kognitif siswa sebesar 5,9; kemudian rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 6,6; rata-rata siklus II meningkat menjadi 7,5; dan pada siklus III nilai rata-rata kognitif siswa meningkat menjadi 9,0, sedangkan pada aspek afektif motivasi belajar siswa menunjukkan peningkatan persentase angka yang berarti hal ini ditinjau dari 5 indikator yaitu rasa senang dan puas siswa 5%, tanggung jawab siswa 10%, perhatian siswa 13,7%, reaksi siswa 1,6%, dan keaktifan siswa 4,4%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunakan power point dalam pembelajaran kooperatif model STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Mojolaban Sukoharjo Tahun Ajaran 2010 / 2011.