PENINGKATAN KECERDASAN LINGUISTIK ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DI KELAS B TK DHARMAWANITA KARANGJATI, KALIJAMBE, SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan kecerdasan linguistik anak usia dini melalui metode bercerita di kelas B TK Dharma Wanita Karangjati. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas data...

Descripción completa

Guardado en:
Detalles Bibliográficos
Autor principal: SULISTIAWATI, CATUR
Formato: Tesis
Lenguaje:English
English
English
English
English
English
English
Publicado: 2011
Materias:
Acceso en línea:https://eprints.ums.ac.id/13646/
Etiquetas: Agregar Etiqueta
Sin Etiquetas, Sea el primero en etiquetar este registro!
Descripción
Sumario:Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan kecerdasan linguistik anak usia dini melalui metode bercerita di kelas B TK Dharma Wanita Karangjati. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis secara interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kecerdasan linguistik anak melalui metode bercerita, yakni sebelum tindakan menjawab pertanyaan 23%, menceritaakan kembali 18%, pengucapan dengan pelafalan benar 18%. Siklus I mencapai 54% menjawab pertanyaan, 45% menceritakan kembali, 50% pengucapan dengan pelafalan benar. Siklus II mencapai 77% dalam menjawab pertanyaan, 68% menceritakan kembali, 72% pengucapan dengan pelafalan benar. Silus III mencapai 90% menjawab pertanyaan 81% menceritakan kembali 86% pengucapan dengan pelafalan benar. Kegiatan dengan metode bercerita juga didukung oleh metode lain yakni demontrasi, pemberian tugas dan permainan. Metode ini mempunyai peranan cukup penting dalam peningkatan kecerdasan linguistik anak karena dapat membantu meminimalkan permasalahan yang dihadapi pada saat kegiatan. Kesimpulan dari penelitian adalah : metode bercerita dapat meningkatkan kecerdasan linguistik anak usia dini.