PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE PQ4R BERBANTU LKS TERSTRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN BALOK (PTK di SMP N 2 Banyudono Kelas VIII Tahun Ajaran 2010/2011)

Tujuan penelitian ini: (1) meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui model pembelajaran PQ4R berbantu lembar kerja siswa (LKS) terstruktur, dan (2) meningkatkan prestasi belajar melalui model pembelajaran PQ4R berbantu lembar kerja siswa (LKS) terstruktur pada materi balok. Jenis penelitian ini...

Полное описание

Сохранить в:
Библиографические подробности
Главный автор: SILVIARSANTI, SILVIARSANTI
Формат: Диссертация
Язык:English
English
English
English
English
English
English
English
Опубликовано: 2011
Предметы:
Online-ссылка:https://eprints.ums.ac.id/13631/
Метки: Добавить метку
Нет меток, Требуется 1-ая метка записи!
_version_ 1804995930196279296
author SILVIARSANTI, SILVIARSANTI
author_facet SILVIARSANTI, SILVIARSANTI
author_sort SILVIARSANTI, SILVIARSANTI
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini: (1) meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui model pembelajaran PQ4R berbantu lembar kerja siswa (LKS) terstruktur, dan (2) meningkatkan prestasi belajar melalui model pembelajaran PQ4R berbantu lembar kerja siswa (LKS) terstruktur pada materi balok. Jenis penelitian ini adalah PTK kolaboratif antara peneliti, guru matematika. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Banyudono yang berjumlah 29 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualita tif dengan metode alur. Hasil penelitian ini: (1) Adanya peningkatan keaktifan belajar siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan meliputi: (a) Bertanya kepada guru meningkat dari (10,3%) menjadi (44,8%) (b) Mengerjakan soal latihan di depan kelas meningkat dari (6,9%) menjadi (37,9%) (c) Menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru meningkat dari (6,9%) menjadi (51,7%) (d) Mengemukakan ide meningkat dari (3,5%) menjadi (31%) (e) Menyanggah atau menyetujui ide teman meningkat dari (0%) menjadi (20,7%) dan (2) Ada peningkatan prestasi belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 60 sebelum tindakan (37,9%) setelah tindakan menjadi (86,2%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran PQ4R berbantu LKS terstruktur dapat meningkatkan keaktifan siswa dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13631
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13631 https://eprints.ums.ac.id/13631/ PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE PQ4R BERBANTU LKS TERSTRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN BALOK (PTK di SMP N 2 Banyudono Kelas VIII Tahun Ajaran 2010/2011) SILVIARSANTI, SILVIARSANTI LB Theory and practice of education Tujuan penelitian ini: (1) meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui model pembelajaran PQ4R berbantu lembar kerja siswa (LKS) terstruktur, dan (2) meningkatkan prestasi belajar melalui model pembelajaran PQ4R berbantu lembar kerja siswa (LKS) terstruktur pada materi balok. Jenis penelitian ini adalah PTK kolaboratif antara peneliti, guru matematika. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Banyudono yang berjumlah 29 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualita tif dengan metode alur. Hasil penelitian ini: (1) Adanya peningkatan keaktifan belajar siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan meliputi: (a) Bertanya kepada guru meningkat dari (10,3%) menjadi (44,8%) (b) Mengerjakan soal latihan di depan kelas meningkat dari (6,9%) menjadi (37,9%) (c) Menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru meningkat dari (6,9%) menjadi (51,7%) (d) Mengemukakan ide meningkat dari (3,5%) menjadi (31%) (e) Menyanggah atau menyetujui ide teman meningkat dari (0%) menjadi (20,7%) dan (2) Ada peningkatan prestasi belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 60 sebelum tindakan (37,9%) setelah tindakan menjadi (86,2%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran PQ4R berbantu LKS terstruktur dapat meningkatkan keaktifan siswa dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13631/1/02_HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13631/2/03_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13631/3/04_BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13631/4/05_BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13631/5/06_BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13631/6/07_BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13631/7/08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13631/8/09_LAMPIRAN.pdf SILVIARSANTI, SILVIARSANTI (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE PQ4R BERBANTU LKS TERSTRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN BALOK (PTK di SMP N 2 Banyudono Kelas VIII Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410060218
spellingShingle LB Theory and practice of education
SILVIARSANTI, SILVIARSANTI
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE PQ4R BERBANTU LKS TERSTRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN BALOK (PTK di SMP N 2 Banyudono Kelas VIII Tahun Ajaran 2010/2011)
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE PQ4R BERBANTU LKS TERSTRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN BALOK (PTK di SMP N 2 Banyudono Kelas VIII Tahun Ajaran 2010/2011)
title_full PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE PQ4R BERBANTU LKS TERSTRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN BALOK (PTK di SMP N 2 Banyudono Kelas VIII Tahun Ajaran 2010/2011)
title_fullStr PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE PQ4R BERBANTU LKS TERSTRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN BALOK (PTK di SMP N 2 Banyudono Kelas VIII Tahun Ajaran 2010/2011)
title_full_unstemmed PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE PQ4R BERBANTU LKS TERSTRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN BALOK (PTK di SMP N 2 Banyudono Kelas VIII Tahun Ajaran 2010/2011)
title_short PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE PQ4R BERBANTU LKS TERSTRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN BALOK (PTK di SMP N 2 Banyudono Kelas VIII Tahun Ajaran 2010/2011)
title_sort penerapan model pembelajaran cooperative tipe pq4r berbantu lks terstruktur untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada sub pokok bahasan balok ptk di smp n 2 banyudono kelas viii tahun ajaran 2010 2011
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/13631/
work_keys_str_mv AT silviarsantisilviarsanti penerapanmodelpembelajarancooperativetipepq4rberbantulksterstrukturuntukmeningkatkankeaktifandanprestasibelajarsiswapadasubpokokbahasanbalokptkdismpn2banyudonokelasviiitahunajaran20102011