STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED-INSTRUCTION) DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS V MI AL-ISLAM KARTASURA

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa kelas V MI Al-Islam Kartasura yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dan strategi pembelajaran Teams Games Tournament (T...

Mô tả đầy đủ

Đã lưu trong:
Chi tiết về thư mục
Tác giả chính: NURYATININGSIH, SITI
Định dạng: Luận văn
Ngôn ngữ:English
English
English
English
English
English
English
English
Được phát hành: 2011
Những chủ đề:
Truy cập trực tuyến:https://eprints.ums.ac.id/13626/
Các nhãn: Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
Miêu tả
Tóm tắt:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa kelas V MI Al-Islam Kartasura yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dan strategi pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada pokok bahasan Bangun Ruang Kubus dan Balok. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang berlokasi di MI Al- Islam Kartasura. Populasinya adalah seluruh siswa kelas V MI Al-Islam Kartasura tahun ajaran 2010/2011. Sampel diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Sebelum dilakukan penelitian, dilakukan uji homogenitas dengan metode Barlett pada taraf signifikansi 5%. Hasil uji homogenitas dengan SPSS 15.0 menunjukkan bahwa kedua kelompok homogen secara kemampuan, dengan nilai sign. 0,067. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t-test. Sebelum analisis dilakukan uji normalitas data dengan metode Liliefors pada taraf signifikansi 5%. Hasil uji normalitas data dengan SPSS 15.0 menunjukkan bahwa hasil belajar kedua kelompok berdistribusi normal (nilai sign.PBI= 0,200 dan nilai sign.TGT= 0,073). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung < ttabel (thitung = 1,336 dan ttabel = 2,011) sehingga dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa kelas V MI Al-Islam Kartasura yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dan strategi pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada pokok bahasan Bangun Ruang Kubus dan Balok.