STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED-INSTRUCTION) DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS V MI AL-ISLAM KARTASURA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa kelas V MI Al-Islam Kartasura yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dan strategi pembelajaran Teams Games Tournament (T...
-д хадгалсан:
Үндсэн зохиолч: | |
---|---|
Формат: | Дипломын ажил |
Хэл сонгох: | English English English English English English English English |
Хэвлэсэн: |
2011
|
Нөхцлүүд: | |
Онлайн хандалт: | https://eprints.ums.ac.id/13626/ |
Шошгууд: |
Шошго нэмэх
Шошго байхгүй, Энэхүү баримтыг шошголох эхний хүн болох!
|
Тойм: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang
signifikan antara hasil belajar matematika siswa kelas V MI Al-Islam Kartasura
yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Problem Based
Instruction (PBI) dan strategi pembelajaran Teams Games Tournament (TGT)
pada pokok bahasan Bangun Ruang Kubus dan Balok.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang berlokasi di MI Al-
Islam Kartasura. Populasinya adalah seluruh siswa kelas V MI Al-Islam Kartasura
tahun ajaran 2010/2011. Sampel diambil dengan menggunakan teknik sampling
jenuh. Sebelum dilakukan penelitian, dilakukan uji homogenitas dengan metode
Barlett pada taraf signifikansi 5%. Hasil uji homogenitas dengan SPSS 15.0
menunjukkan bahwa kedua kelompok homogen secara kemampuan, dengan nilai
sign. 0,067.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t-test. Sebelum analisis
dilakukan uji normalitas data dengan metode Liliefors pada taraf signifikansi 5%.
Hasil uji normalitas data dengan SPSS 15.0 menunjukkan bahwa hasil belajar
kedua kelompok berdistribusi normal (nilai sign.PBI= 0,200 dan nilai sign.TGT=
0,073).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 5% diperoleh
thitung < ttabel (thitung = 1,336 dan ttabel = 2,011) sehingga dapat disimpulkan tidak
terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa kelas V
MI Al-Islam Kartasura yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran
Problem Based Instruction (PBI) dan strategi pembelajaran Teams Games
Tournament (TGT) pada pokok bahasan Bangun Ruang Kubus dan Balok.
|
---|