IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI RECIPROCAL TEACHING DAN RECIPROCAL LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA (Pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Colomadu Kabupaten Karangayar)

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis: (1) perbedaan efek strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) perbedaan efek kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara strategi pembelajaran reciprocal teaching dan reciprocal...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: Triana A., Hafifah
格式: Thesis
語言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/13622/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis: (1) perbedaan efek strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) perbedaan efek kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara strategi pembelajaran reciprocal teaching dan reciprocal learning dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 2 Colomadu tahun ajaran 2010/2011. Sampel penelitian ini terdiri dua kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas dengan α = 5%. Dari hasil penelitian, diperoleh: (1) ada perbedaan efek strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fa = 4,624, (2) tidak ada perbedaan efek kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fb = 0,541, (3) tidak ada interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fab = 1,347.