IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI RECIPROCAL TEACHING DAN RECIPROCAL LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA (Pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Colomadu Kabupaten Karangayar)

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis: (1) perbedaan efek strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) perbedaan efek kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara strategi pembelajaran reciprocal teaching dan reciprocal...

תיאור מלא

שמור ב:
מידע ביבליוגרפי
מחבר ראשי: Triana A., Hafifah
פורמט: Thesis
שפה:English
English
English
English
English
English
English
English
יצא לאור: 2011
נושאים:
גישה מקוונת:https://eprints.ums.ac.id/13622/
תגים: הוספת תג
אין תגיות, היה/י הראשונ/ה לתייג את הרשומה!
תיאור
סיכום:Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis: (1) perbedaan efek strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) perbedaan efek kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara strategi pembelajaran reciprocal teaching dan reciprocal learning dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 2 Colomadu tahun ajaran 2010/2011. Sampel penelitian ini terdiri dua kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas dengan α = 5%. Dari hasil penelitian, diperoleh: (1) ada perbedaan efek strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fa = 4,624, (2) tidak ada perbedaan efek kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fb = 0,541, (3) tidak ada interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fab = 1,347.