PENINGKATAN KESIAPAN DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG SISI DATAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE (PTK Pembelajaran Siswa Kelas VIII Semester genap SMP Negeri 2 Sine Tahun Ajaran 2010/2011)

Tujuan penelitian (1) mendiskripsikan proses pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Van Hiele di SMP N 2 Sine, (2) mendiskripsikan peningkatan kesiapan siswa dalam belajar bangun ruang sisi datar dengan menggunakan model pembelajaran Van Hiele, dan (3) mendiskripsikan peningkatan kea...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: HIDAYAH, APRILIA WAHYU
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/13620/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Tujuan penelitian (1) mendiskripsikan proses pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Van Hiele di SMP N 2 Sine, (2) mendiskripsikan peningkatan kesiapan siswa dalam belajar bangun ruang sisi datar dengan menggunakan model pembelajaran Van Hiele, dan (3) mendiskripsikan peningkatan keaktifan siswa dalam belajar matematika bangun ruang sisi datar dengan menggunakan model pembelajaran Van Hiele. Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIID SMPN 2 Sine, yang berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur . Hasil penelitian (1) ada peningkatan kesiapan belajar matematika siswa dapat dilihat dari indikator banyaknya siswa yang : a) menjawab pertanyaan awal guru sebelum tindakan 2,9% dan setelah tindakan 74%, b) mengerjakan tugas/PR sebelum tindakan 8,8%, dan setelah tindakan 74%, dan (2) ada peningkatan keaktifan belajar matematika siswa dapat dilihat dari indikator banyaknya siswa yang a) bekerjasama dalam kelompok sebelum tindakan 26,47% dan setelah tindakan 88,9%, b) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 5,8% dan setelah tindakan 70,3%, c) menyanggah jawaban teman sebelum tindakan 17,6% dan setelah tindakan 55,6%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Van Hiele dapat meningkatkan kesiapan dan keaktifan belajar matematika bangun ruang sisi datar siswa.