PENERAPAN STRATEGI CARD SORT DENGAN MENGOPTIMALKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 01 BLULUKAN COLOMADU KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011

enelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui strategi Card Sort dengan mengoptimalkan media gambar. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV di SDN 01 Blul...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: SUSANTI, TATA RINA EVI
格式: Thesis
語言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/13618/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:enelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui strategi Card Sort dengan mengoptimalkan media gambar. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV di SDN 01 Blulukan Colomadu Karanganyar yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn. Hal ini dapat dilihat dari perolehan indikator pencapaian hasil belajar. Indikator pencapaian hasil belajar pada siklus akhir siklus III yaitu: 76,92% siswa memproleh nilai lebih dari 65. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum diberikan tindakan kelas, hasil belajar siswa hanya mencapai 57,79 %, sedangkan di akhir tindakan hasil belajar siswa mencapai sebesar 76,92 % sesuai KKM yaitu 65. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran Card Sort dengan mengoptimalkan media gambar dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar siswa.