IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI SIMO KECAMATAN KWADUNGAN KABUPATEN NGAWI

Pembelajaran yang biasa diterapkan di SD Negeri Simo, kecamatan Kwadungan, kabupaten Ngawi selama ini adalah pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional, dimana proses pembelajaran berpusat pada guru sedangkan siswa pasif atau kurang terlibat dalam proses pembelajaran. Hal tersebut merupaka...

Mô tả đầy đủ

Đã lưu trong:
Chi tiết về thư mục
Tác giả chính: WIJAYANTI, ANITA
Định dạng: Luận văn
Ngôn ngữ:English
English
English
English
English
English
English
English
Được phát hành: 2011
Những chủ đề:
Truy cập trực tuyến:https://eprints.ums.ac.id/13608/
Các nhãn: Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
_version_ 1804995923967737856
author WIJAYANTI, ANITA
author_facet WIJAYANTI, ANITA
author_sort WIJAYANTI, ANITA
collection ePrints
description Pembelajaran yang biasa diterapkan di SD Negeri Simo, kecamatan Kwadungan, kabupaten Ngawi selama ini adalah pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional, dimana proses pembelajaran berpusat pada guru sedangkan siswa pasif atau kurang terlibat dalam proses pembelajaran. Hal tersebut merupakan masalah sehingga perlu adanya metode pembelajaran yang dapat melibatkan siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPA. Salah satu metode yang digunakan adalah metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam mata pelajaran IPA dengan metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas V SD Negeri Simo, kecamatan Kwadungan, kabupaten Ngawi tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilakukan dalam tiga siklus. Data mengenai keaktifan siswa diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keaktifan siswa kelas V SD Negeri Simo, kecamatan Kwadungan, kabupaten Ngawi dalam pembelajaran IPA melalui implementasi metode Numbered Heads Together (NHT). Keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan metode Numbered Heads Together (NHT) dapat dilihat pada saat siswa aktif dalam kegiatan visual, kegiatan verbal, kegiatan mendengarkan, kegiatan menulis, kegiatan menggambar, kegiatan motorik, kegiatan mental maupun dalam kegiatan emosional. Sebelum tindakan diperoleh nilai rata-rata keaktifan belajar siswa yang hanya mencapai 49,92 %. Pada siklus I nilai rata-rata keaktifan siswa mencapai 64,31 % yang cenderung mengalami peningkatan sebesar 14,39 % dari sebelum diadakannya tindakan. Pada siklus II nilai rata-rata keaktifan siswa mencapai 75,49 % yang mengalami peningkatan sebesar 11,18 % dari siklus I. Pada siklus III nilai ratarata keaktifan siswa mencapai 90,13 % yang mengalami peningkatan sebesar 14,64 % dari siklus II.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13608
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13608 https://eprints.ums.ac.id/13608/ IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI SIMO KECAMATAN KWADUNGAN KABUPATEN NGAWI WIJAYANTI, ANITA LB Theory and practice of education Pembelajaran yang biasa diterapkan di SD Negeri Simo, kecamatan Kwadungan, kabupaten Ngawi selama ini adalah pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional, dimana proses pembelajaran berpusat pada guru sedangkan siswa pasif atau kurang terlibat dalam proses pembelajaran. Hal tersebut merupakan masalah sehingga perlu adanya metode pembelajaran yang dapat melibatkan siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPA. Salah satu metode yang digunakan adalah metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam mata pelajaran IPA dengan metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas V SD Negeri Simo, kecamatan Kwadungan, kabupaten Ngawi tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilakukan dalam tiga siklus. Data mengenai keaktifan siswa diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keaktifan siswa kelas V SD Negeri Simo, kecamatan Kwadungan, kabupaten Ngawi dalam pembelajaran IPA melalui implementasi metode Numbered Heads Together (NHT). Keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan metode Numbered Heads Together (NHT) dapat dilihat pada saat siswa aktif dalam kegiatan visual, kegiatan verbal, kegiatan mendengarkan, kegiatan menulis, kegiatan menggambar, kegiatan motorik, kegiatan mental maupun dalam kegiatan emosional. Sebelum tindakan diperoleh nilai rata-rata keaktifan belajar siswa yang hanya mencapai 49,92 %. Pada siklus I nilai rata-rata keaktifan siswa mencapai 64,31 % yang cenderung mengalami peningkatan sebesar 14,39 % dari sebelum diadakannya tindakan. Pada siklus II nilai rata-rata keaktifan siswa mencapai 75,49 % yang mengalami peningkatan sebesar 11,18 % dari siklus I. Pada siklus III nilai ratarata keaktifan siswa mencapai 90,13 % yang mengalami peningkatan sebesar 14,64 % dari siklus II. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13608/1/02_HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13608/2/03_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13608/3/04_BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13608/4/05_BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13608/5/06_BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13608/6/07_BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13608/7/08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13608/8/09_LAMPIRAN.pdf WIJAYANTI, ANITA (2011) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI SIMO KECAMATAN KWADUNGAN KABUPATEN NGAWI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070127
spellingShingle LB Theory and practice of education
WIJAYANTI, ANITA
IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI SIMO KECAMATAN KWADUNGAN KABUPATEN NGAWI
title IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI SIMO KECAMATAN KWADUNGAN KABUPATEN NGAWI
title_full IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI SIMO KECAMATAN KWADUNGAN KABUPATEN NGAWI
title_fullStr IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI SIMO KECAMATAN KWADUNGAN KABUPATEN NGAWI
title_full_unstemmed IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI SIMO KECAMATAN KWADUNGAN KABUPATEN NGAWI
title_short IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI SIMO KECAMATAN KWADUNGAN KABUPATEN NGAWI
title_sort implementasi metode pembelajaran numbered heads together nht untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam mata pelajaran ipa kelas v sd negeri simo kecamatan kwadungan kabupaten ngawi
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/13608/
work_keys_str_mv AT wijayantianita implementasimetodepembelajarannumberedheadstogethernhtuntukmeningkatkankeaktifansiswadalammatapelajaranipakelasvsdnegerisimokecamatankwadungankabupatenngawi