STUDI KOMPARASI METODE TEAM QUIZ DENGAN METODE CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 2 KAUMAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010 / 2011
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, untuk mengetahui perbandingan metode pembelajaran Team Quiz dan ceramah terhadap Hasil belajar IPA. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV Semester 2 SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 3 kelas. Sampel dala...
Uloženo v:
Hlavní autor: | |
---|---|
Médium: | Diplomová práce |
Jazyk: | English English English English English English English English |
Vydáno: |
2011
|
Témata: | |
On-line přístup: | https://eprints.ums.ac.id/13607/ |
Tagy: |
Přidat tag
Žádné tagy, Buďte první, kdo vytvoří štítek k tomuto záznamu!
|
_version_ | 1804995923695108096 |
---|---|
author | KUSUMAWATI, FIDIYAH |
author_facet | KUSUMAWATI, FIDIYAH |
author_sort | KUSUMAWATI, FIDIYAH |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, untuk mengetahui perbandingan metode pembelajaran Team Quiz dan ceramah terhadap Hasil belajar IPA. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV Semester 2 SD Muhammadiyah 2
Kauman Surakarta tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IVB sebagai kelas eksperimen dan kelas IVA sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t, yang sebelumnya
dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa : (1) Ada perbedaan Hasil belajar IPA antara siswa yang diberi pembelajaran IPA dengan metode Team Quiz dan metode ceramah, berdasarkan uji t diperoleh thitung = 2,255 > ttabel = 2,002. (2) Hasil belajar IPA siswa yang menggunakan metode Team Quiz lebih baik jika dibandingkan dengan metode ceramah, berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar IPA kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, yaitu 80,7 > 75,2. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13607 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13607 https://eprints.ums.ac.id/13607/ STUDI KOMPARASI METODE TEAM QUIZ DENGAN METODE CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 2 KAUMAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010 / 2011 KUSUMAWATI, FIDIYAH LB Theory and practice of education Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, untuk mengetahui perbandingan metode pembelajaran Team Quiz dan ceramah terhadap Hasil belajar IPA. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV Semester 2 SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IVB sebagai kelas eksperimen dan kelas IVA sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa : (1) Ada perbedaan Hasil belajar IPA antara siswa yang diberi pembelajaran IPA dengan metode Team Quiz dan metode ceramah, berdasarkan uji t diperoleh thitung = 2,255 > ttabel = 2,002. (2) Hasil belajar IPA siswa yang menggunakan metode Team Quiz lebih baik jika dibandingkan dengan metode ceramah, berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar IPA kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, yaitu 80,7 > 75,2. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13607/1/02_HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13607/2/03_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13607/3/04_BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13607/4/05_BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13607/5/06_BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13607/6/07_BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13607/7/08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13607/8/09_LAMPIRAN.pdf KUSUMAWATI, FIDIYAH (2011) STUDI KOMPARASI METODE TEAM QUIZ DENGAN METODE CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 2 KAUMAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010 / 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070244 |
spellingShingle | LB Theory and practice of education KUSUMAWATI, FIDIYAH STUDI KOMPARASI METODE TEAM QUIZ DENGAN METODE CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 2 KAUMAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010 / 2011 |
title | STUDI KOMPARASI METODE TEAM QUIZ DENGAN METODE CERAMAH
TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 2 KAUMAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010 / 2011 |
title_full | STUDI KOMPARASI METODE TEAM QUIZ DENGAN METODE CERAMAH
TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 2 KAUMAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010 / 2011 |
title_fullStr | STUDI KOMPARASI METODE TEAM QUIZ DENGAN METODE CERAMAH
TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 2 KAUMAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010 / 2011 |
title_full_unstemmed | STUDI KOMPARASI METODE TEAM QUIZ DENGAN METODE CERAMAH
TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 2 KAUMAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010 / 2011 |
title_short | STUDI KOMPARASI METODE TEAM QUIZ DENGAN METODE CERAMAH
TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 2 KAUMAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010 / 2011 |
title_sort | studi komparasi metode team quiz dengan metode ceramah terhadap hasil belajar ipa siswa kelas iv sd muhammadiyah 2 kauman surakarta tahun ajaran 2010 2011 |
topic | LB Theory and practice of education |
url | https://eprints.ums.ac.id/13607/ |
work_keys_str_mv | AT kusumawatifidiyah studikomparasimetodeteamquizdenganmetodeceramahterhadaphasilbelajaripasiswakelasivsdmuhammadiyah2kaumansurakartatahunajaran20102011 |