PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI STRATEGI MIND MAPPING DENGAN MENGOPTIMALKAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA KELAS V SD NEGERI 01 BLULUKAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran IPA melalui strategi mind mapping dengan mengoptimalkan barang bekas sebagai media pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 01 Blulukan Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar. Jenis penelitian ini adala...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
語言: | English English English English English English English English |
出版: |
2011
|
主題: | |
在線閱讀: | https://eprints.ums.ac.id/13606/ |
標簽: |
添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
|
_version_ | 1804995923426672640 |
---|---|
author | WULANDARI, WULANDARI |
author_facet | WULANDARI, WULANDARI |
author_sort | WULANDARI, WULANDARI |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran IPA melalui strategi mind mapping dengan mengoptimalkan barang bekas sebagai media pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 01 Blulukan Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 01 Blulukan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dengan tujuan untuk mendeskripsikan kegiatan siswa selama KBM berlangsung. Hasil penelitian menyimpulkan adanya peningkatan kreativitas siswa dalam pembelajaran IPA dengan jumlah rerata seluruh indikator kreativitas saat pra siklus 36% setelah adanya tindakan sebesar 75,2%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui pembelajaran IPA dengan strategi mind mapping dan mengoptimalkan barang bekas sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kreativitas siswa. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13606 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13606 https://eprints.ums.ac.id/13606/ PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI STRATEGI MIND MAPPING DENGAN MENGOPTIMALKAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA KELAS V SD NEGERI 01 BLULUKAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011 WULANDARI, WULANDARI LB Theory and practice of education Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran IPA melalui strategi mind mapping dengan mengoptimalkan barang bekas sebagai media pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 01 Blulukan Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 01 Blulukan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dengan tujuan untuk mendeskripsikan kegiatan siswa selama KBM berlangsung. Hasil penelitian menyimpulkan adanya peningkatan kreativitas siswa dalam pembelajaran IPA dengan jumlah rerata seluruh indikator kreativitas saat pra siklus 36% setelah adanya tindakan sebesar 75,2%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui pembelajaran IPA dengan strategi mind mapping dan mengoptimalkan barang bekas sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kreativitas siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13606/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13606/2/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13606/3/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13606/4/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13606/5/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13606/6/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13606/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13606/8/09._LAMPIRAN.pdf WULANDARI, WULANDARI (2011) PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI STRATEGI MIND MAPPING DENGAN MENGOPTIMALKAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA KELAS V SD NEGERI 01 BLULUKAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070002 |
spellingShingle | LB Theory and practice of education WULANDARI, WULANDARI PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI STRATEGI MIND MAPPING DENGAN MENGOPTIMALKAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA KELAS V SD NEGERI 01 BLULUKAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title | PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI STRATEGI MIND MAPPING DENGAN MENGOPTIMALKAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA KELAS V SD NEGERI 01 BLULUKAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_full | PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI STRATEGI MIND MAPPING DENGAN MENGOPTIMALKAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA KELAS V SD NEGERI 01 BLULUKAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_fullStr | PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI STRATEGI MIND MAPPING DENGAN MENGOPTIMALKAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA KELAS V SD NEGERI 01 BLULUKAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_full_unstemmed | PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI STRATEGI MIND MAPPING DENGAN MENGOPTIMALKAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA KELAS V SD NEGERI 01 BLULUKAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_short | PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI STRATEGI MIND MAPPING DENGAN MENGOPTIMALKAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA KELAS V SD NEGERI 01 BLULUKAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_sort | peningkatan kreativitas siswa dalam pembelajaran ipa melalui strategi mind mapping dengan mengoptimalkan barang bekas sebagai media pembelajaran pada kelas v sd negeri 01 blulukan tahun pelajaran 2010 2011 |
topic | LB Theory and practice of education |
url | https://eprints.ums.ac.id/13606/ |
work_keys_str_mv | AT wulandariwulandari peningkatankreativitassiswadalampembelajaranipamelaluistrategimindmappingdenganmengoptimalkanbarangbekassebagaimediapembelajaranpadakelasvsdnegeri01blulukantahunpelajaran20102011 |