PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI STRATEGI MIND MAPPING DENGAN MENGOPTIMALKAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA KELAS V SD NEGERI 01 BLULUKAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran IPA melalui strategi mind mapping dengan mengoptimalkan barang bekas sebagai media pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 01 Blulukan Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar. Jenis penelitian ini adala...

Ausführliche Beschreibung

Gespeichert in:
Bibliographische Detailangaben
1. Verfasser: WULANDARI, WULANDARI
Format: Abschlussarbeit
Sprache:English
English
English
English
English
English
English
English
Veröffentlicht: 2011
Schlagworte:
Online Zugang:https://eprints.ums.ac.id/13606/
Tags: Tag hinzufügen
Keine Tags, Fügen Sie den ersten Tag hinzu!
Beschreibung
Zusammenfassung:Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran IPA melalui strategi mind mapping dengan mengoptimalkan barang bekas sebagai media pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 01 Blulukan Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 01 Blulukan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dengan tujuan untuk mendeskripsikan kegiatan siswa selama KBM berlangsung. Hasil penelitian menyimpulkan adanya peningkatan kreativitas siswa dalam pembelajaran IPA dengan jumlah rerata seluruh indikator kreativitas saat pra siklus 36% setelah adanya tindakan sebesar 75,2%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui pembelajaran IPA dengan strategi mind mapping dan mengoptimalkan barang bekas sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kreativitas siswa.