PENGARUH INTENSITAS BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU-SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDIT NUR HIDAYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh yang signifikan intensitas bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh yang signifikan komunikasi interpersonal guru-siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh yang signifikan intensitas bimbing...

Полное описание

Сохранить в:
Библиографические подробности
Главный автор: LAILA, ZAENA NUR ULFA
Формат: Диссертация
Язык:English
English
English
English
English
English
English
English
Опубликовано: 2011
Предметы:
Online-ссылка:https://eprints.ums.ac.id/13604/
Метки: Добавить метку
Нет меток, Требуется 1-ая метка записи!
Описание
Итог:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh yang signifikan intensitas bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh yang signifikan komunikasi interpersonal guru-siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh yang signifikan intensitas bimbingan belajar orang tua dan komunikasi interpersonal guru-siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas IV SDIT Nur Hidayah Surakarta berjumlah 143 siswa. Sampel diambil sebanyak 50 siswa dengan teknik random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, uji t, uji F, koefisien determinasi, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda yaitu Y= 45,74 + 0,37X1 + 0,40 X2, artinya prestasi belajar matematika siswa dipengaruhi oleh intensitas bimbingan belajar orang tua dan komunikasi interpersonal guru-siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Intensitas bimbingan belajar orang tua berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji t pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,344 > 1,677. (2) Komunikasi intrpersonal guru-siswa berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji t pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,59 > 1,677. (3) Intensitas bimbingan belajar orang tua dan komunikasi interpersonal guru-siswa berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji F pada taraf signifikansi 5% diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 6,47 > 3,195. Variabel intensitas bimbingan belajar orang tua memberikan sumbangan relatif sebesar 52,53% dan sumbangan efektif 12,82%. Variabel komunikasi interpersonal guru-siswa memberikan sumbangan relatif sebesar 47,31% dan sumbangan efektif 11,54%. Kata kunci: bimbingan belajar, komunikasi interpersonal, dan