PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN COLLABORATIVE CONCEPT MAPPING WITH CO TEACHING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP (PTK Kelas VIII SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2010/2011)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran Collaborative Concept Mapping with Co Teaching dan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 Colomadu. Sebagai...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: ASTUTI, RENI YULI
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/13597/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran Collaborative Concept Mapping with Co Teaching dan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 Colomadu. Sebagai subjek pelaksana tindakan adalah peneliti, guru matematika kelas VIII H, dan partner co teaching. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: Ada peningkatan pemahaman konsep belajar siswa melalui strategi pembelajaran Collaborative Concept Mapping with Co Teaching. Hal ini dapat dilihat dari aspek a). Menjawab pertanyaan guru/mengerjakan soal didepan kelas dari sebelum tindakan 5,56% meningkat menjadi 30,56%; b). Memberi tanggapan tentang jawaban siswa lain dari sebelum tindakan 2,56% meningkat menjadi 25,71%; c). Mengajukan pertanyaan/tanggapan pada guru dari sebelum tindakan 0% meningkat menjadi 20%; d) Membuat kesimpulan materi baik secara mandiri atau kelompok dari sebelum tindakan 27,78% meningkat menjadi 65,71%; e). Nilai Prestasi siswa yang mendapat ≥ 65 dari sebelum tindakan 41,67% meningkat menjadi 77,14%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran melalui strategi Collaborative Concept Mapping with Co Teaching dapat meningkatkan pemahaman konsep belajar siswa dalam pembelajaran matematika khususnya pada pokok bahasan lingkaran.