PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE DENGAN MENGGUNAKAN SUPERITEM UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 5 KLATEN)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP dengan menerapkan model pembelajaran rotating trio exchange dengan menggunakan superitem. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah si...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: IDAWATI, IDAWATI
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
English
English
English
English
English
English
出版事項: 2011
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/13593/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
_version_ 1804995919853125632
author IDAWATI, IDAWATI
author_facet IDAWATI, IDAWATI
author_sort IDAWATI, IDAWATI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP dengan menerapkan model pembelajaran rotating trio exchange dengan menggunakan superitem. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 5 Klaten yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, metode tes dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat dan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan persegi panjang dan persegi. Peningkatan minat belajar siswa terhadap matematika terlihat dari siswa yang 1) mempersiapkan buku pelajaran sebelum pelajaran dimulai sebelum tindakan 12,82% dan setelah tindakan 45%, 2) siswa yang berani mengungkapkan ide/gagasan sebelum tindakan 20,51% dan setelah tindakan 52,5%, 3) aktif dalam proses tanya jawab sebelum tindakan 23,07% dan setelah tindakan 57,5%, 4) mengerjakan PR dengan baik sebelum tindakan 33,33% dan setelah tindakan 87,5%, 5) mampu menyimpulkan hasil pembelajaran sebelum tindakan 25,64 % dan setelah tindakan 80 %. Peningkatan hasil belajar matematika siswa dapat terlihat dari siswa yang mendapatkan nilai memenuhi KKM  60 sebelum tindakan 38,46 % dan setelah tindakan 95 %.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13593
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13593 https://eprints.ums.ac.id/13593/ PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE DENGAN MENGGUNAKAN SUPERITEM UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 5 KLATEN) IDAWATI, IDAWATI LB Theory and practice of education Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP dengan menerapkan model pembelajaran rotating trio exchange dengan menggunakan superitem. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 5 Klaten yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, metode tes dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat dan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan persegi panjang dan persegi. Peningkatan minat belajar siswa terhadap matematika terlihat dari siswa yang 1) mempersiapkan buku pelajaran sebelum pelajaran dimulai sebelum tindakan 12,82% dan setelah tindakan 45%, 2) siswa yang berani mengungkapkan ide/gagasan sebelum tindakan 20,51% dan setelah tindakan 52,5%, 3) aktif dalam proses tanya jawab sebelum tindakan 23,07% dan setelah tindakan 57,5%, 4) mengerjakan PR dengan baik sebelum tindakan 33,33% dan setelah tindakan 87,5%, 5) mampu menyimpulkan hasil pembelajaran sebelum tindakan 25,64 % dan setelah tindakan 80 %. Peningkatan hasil belajar matematika siswa dapat terlihat dari siswa yang mendapatkan nilai memenuhi KKM  60 sebelum tindakan 38,46 % dan setelah tindakan 95 %. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13593/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13593/3/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13593/6/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13593/8/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13593/11/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13593/13/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13593/15/08._Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13593/18/09._Lampiran.pdf IDAWATI, IDAWATI (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE DENGAN MENGGUNAKAN SUPERITEM UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 5 KLATEN). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
spellingShingle LB Theory and practice of education
IDAWATI, IDAWATI
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE DENGAN MENGGUNAKAN SUPERITEM UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 5 KLATEN)
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE DENGAN MENGGUNAKAN SUPERITEM UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 5 KLATEN)
title_full PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE DENGAN MENGGUNAKAN SUPERITEM UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 5 KLATEN)
title_fullStr PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE DENGAN MENGGUNAKAN SUPERITEM UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 5 KLATEN)
title_full_unstemmed PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE DENGAN MENGGUNAKAN SUPERITEM UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 5 KLATEN)
title_short PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE DENGAN MENGGUNAKAN SUPERITEM UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 5 KLATEN)
title_sort penerapan model pembelajaran rotating trio exchange dengan menggunakan superitem untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan persegi dan persegi panjang ptk pada siswa kelas vii semester genap smp n 5 klaten
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/13593/
work_keys_str_mv AT idawatiidawati penerapanmodelpembelajaranrotatingtrioexchangedenganmenggunakansuperitemuntukmeningkatkanminatdanhasilbelajarmatematikasiswapadapokokbahasanpersegidanpersegipanjangptkpadasiswakelasviisemestergenapsmpn5klaten