PERTIMBANGAN GURU MATEMATIKA SMK DALAM MEMILIH BUKU PELAJARAN ( Studi Fenomenologi di SMK Negeri 1 Banyudono )

Tujuan penelitian kualitatif ini adalah 1) untuk mengkaji, menganalisis dan mendiskripsikan pertimbangan guru matematika SMK dalam memilih buku pelajaran sebagai bahan ajar di kelas dan 2) untuk mengkaji, menganalisis dan mendiskripsikan makna pertimbangan guru matematika SMK dalam memilih buku . S...

Бүрэн тодорхойлолт

-д хадгалсан:
Номзүйн дэлгэрэнгүй
Үндсэн зохиолч: NURHAYATI, SITI NAVIAH
Формат: Дипломын ажил
Хэл сонгох:English
English
English
English
English
English
English
English
Хэвлэсэн: 2011
Нөхцлүүд:
Онлайн хандалт:https://eprints.ums.ac.id/13592/
Шошгууд: Шошго нэмэх
Шошго байхгүй, Энэхүү баримтыг шошголох эхний хүн болох!
_version_ 1804995919584690176
author NURHAYATI, SITI NAVIAH
author_facet NURHAYATI, SITI NAVIAH
author_sort NURHAYATI, SITI NAVIAH
collection ePrints
description Tujuan penelitian kualitatif ini adalah 1) untuk mengkaji, menganalisis dan mendiskripsikan pertimbangan guru matematika SMK dalam memilih buku pelajaran sebagai bahan ajar di kelas dan 2) untuk mengkaji, menganalisis dan mendiskripsikan makna pertimbangan guru matematika SMK dalam memilih buku . Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas X, XI dan XII SMK Negeri 1 Banyudono. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket (kuesioner) dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pendekatan second order understanding. Hasil penelitian kualitatif ini menunjukkan pertimbangan-pertimbangan guru matematika SMK dalam memilih buku pelajaran. Pertimbangan tersebut dapat dilihat dari aspek: (a) kesesuaian materi, (b) penyajian materi, (c) bahasa, keterbacaan dan grafika, (d) latihan dan soal, (e) aksesibilitas terhadap buku pelajaran. Selain itu, hasil penelitian kualitatif ini menunjukkan makna-makna pertimbangan guru matematika SMK dalam memilih buku pelajaran sebagai bahan ajar di kelas memiliki makna dapat meningkatkan siswa dalam bidang: (a) prestasi belajar, (b) keaktifan siswa, (c) pemahaman konsep, (d) aktivitas siwa, (e) minat siswa, (f) kreativitas, (g) motivasi, dan (h) kemampuan bernalar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pentingnya guru matematika SMK memilih buku pelajaran dengan mempertimbangan dari beberapa aspek. Aspek-aspek tersebut diatas sebagai pedoman yang layak untuk digunakan, agar supaya guru matematika mendapatkan buku yang baik yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku di sekolah. Disamping itu juga makna pertimbangan sangat berpengaruh dengan keberadaan buku pelajaran. Guru matematika SMK dalam memilih buku pelajaran disesuaikan dengan maknamakna tersebut agar supaya siswa memiliki kemampuan bernalar yang bagus serta kesiapan setelah lulusan.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13592
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13592 https://eprints.ums.ac.id/13592/ PERTIMBANGAN GURU MATEMATIKA SMK DALAM MEMILIH BUKU PELAJARAN ( Studi Fenomenologi di SMK Negeri 1 Banyudono ) NURHAYATI, SITI NAVIAH LB Theory and practice of education Tujuan penelitian kualitatif ini adalah 1) untuk mengkaji, menganalisis dan mendiskripsikan pertimbangan guru matematika SMK dalam memilih buku pelajaran sebagai bahan ajar di kelas dan 2) untuk mengkaji, menganalisis dan mendiskripsikan makna pertimbangan guru matematika SMK dalam memilih buku . Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas X, XI dan XII SMK Negeri 1 Banyudono. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket (kuesioner) dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pendekatan second order understanding. Hasil penelitian kualitatif ini menunjukkan pertimbangan-pertimbangan guru matematika SMK dalam memilih buku pelajaran. Pertimbangan tersebut dapat dilihat dari aspek: (a) kesesuaian materi, (b) penyajian materi, (c) bahasa, keterbacaan dan grafika, (d) latihan dan soal, (e) aksesibilitas terhadap buku pelajaran. Selain itu, hasil penelitian kualitatif ini menunjukkan makna-makna pertimbangan guru matematika SMK dalam memilih buku pelajaran sebagai bahan ajar di kelas memiliki makna dapat meningkatkan siswa dalam bidang: (a) prestasi belajar, (b) keaktifan siswa, (c) pemahaman konsep, (d) aktivitas siwa, (e) minat siswa, (f) kreativitas, (g) motivasi, dan (h) kemampuan bernalar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pentingnya guru matematika SMK memilih buku pelajaran dengan mempertimbangan dari beberapa aspek. Aspek-aspek tersebut diatas sebagai pedoman yang layak untuk digunakan, agar supaya guru matematika mendapatkan buku yang baik yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku di sekolah. Disamping itu juga makna pertimbangan sangat berpengaruh dengan keberadaan buku pelajaran. Guru matematika SMK dalam memilih buku pelajaran disesuaikan dengan maknamakna tersebut agar supaya siswa memiliki kemampuan bernalar yang bagus serta kesiapan setelah lulusan. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13592/1/02_HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13592/2/03_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13592/3/04_BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13592/7/05_BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13592/13/06_BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13592/16/07_BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13592/18/08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13592/20/09_LAMPIRAN.pdf NURHAYATI, SITI NAVIAH (2011) PERTIMBANGAN GURU MATEMATIKA SMK DALAM MEMILIH BUKU PELAJARAN ( Studi Fenomenologi di SMK Negeri 1 Banyudono ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070236
spellingShingle LB Theory and practice of education
NURHAYATI, SITI NAVIAH
PERTIMBANGAN GURU MATEMATIKA SMK DALAM MEMILIH BUKU PELAJARAN ( Studi Fenomenologi di SMK Negeri 1 Banyudono )
title PERTIMBANGAN GURU MATEMATIKA SMK DALAM MEMILIH BUKU PELAJARAN ( Studi Fenomenologi di SMK Negeri 1 Banyudono )
title_full PERTIMBANGAN GURU MATEMATIKA SMK DALAM MEMILIH BUKU PELAJARAN ( Studi Fenomenologi di SMK Negeri 1 Banyudono )
title_fullStr PERTIMBANGAN GURU MATEMATIKA SMK DALAM MEMILIH BUKU PELAJARAN ( Studi Fenomenologi di SMK Negeri 1 Banyudono )
title_full_unstemmed PERTIMBANGAN GURU MATEMATIKA SMK DALAM MEMILIH BUKU PELAJARAN ( Studi Fenomenologi di SMK Negeri 1 Banyudono )
title_short PERTIMBANGAN GURU MATEMATIKA SMK DALAM MEMILIH BUKU PELAJARAN ( Studi Fenomenologi di SMK Negeri 1 Banyudono )
title_sort pertimbangan guru matematika smk dalam memilih buku pelajaran studi fenomenologi di smk negeri 1 banyudono
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/13592/
work_keys_str_mv AT nurhayatisitinaviah pertimbangangurumatematikasmkdalammemilihbukupelajaranstudifenomenologidismknegeri1banyudono