PERTIMBANGAN GURU MATEMATIKA SMK DALAM MEMILIH BUKU PELAJARAN ( Studi Fenomenologi di SMK Negeri 1 Banyudono )
Tujuan penelitian kualitatif ini adalah 1) untuk mengkaji, menganalisis dan mendiskripsikan pertimbangan guru matematika SMK dalam memilih buku pelajaran sebagai bahan ajar di kelas dan 2) untuk mengkaji, menganalisis dan mendiskripsikan makna pertimbangan guru matematika SMK dalam memilih buku . S...
保存先:
第一著者: | |
---|---|
フォーマット: | 学位論文 |
言語: | English English English English English English English English |
出版事項: |
2011
|
主題: | |
オンライン・アクセス: | https://eprints.ums.ac.id/13592/ |
タグ: |
タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
|
要約: | Tujuan penelitian kualitatif ini adalah 1) untuk mengkaji, menganalisis dan mendiskripsikan pertimbangan guru matematika SMK dalam memilih buku pelajaran sebagai bahan ajar di kelas dan 2) untuk mengkaji, menganalisis dan
mendiskripsikan makna pertimbangan guru matematika SMK dalam memilih buku . Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas X, XI dan XII SMK Negeri 1 Banyudono. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket
(kuesioner) dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pendekatan second order understanding. Hasil penelitian kualitatif ini menunjukkan pertimbangan-pertimbangan guru matematika SMK dalam memilih buku pelajaran. Pertimbangan tersebut dapat dilihat dari aspek: (a) kesesuaian materi, (b) penyajian materi, (c) bahasa, keterbacaan dan grafika, (d) latihan dan soal, (e)
aksesibilitas terhadap buku pelajaran. Selain itu, hasil penelitian kualitatif ini menunjukkan makna-makna pertimbangan guru matematika SMK dalam memilih buku pelajaran sebagai bahan ajar di kelas memiliki makna dapat meningkatkan siswa dalam bidang: (a) prestasi belajar, (b) keaktifan siswa, (c) pemahaman konsep, (d) aktivitas siwa, (e) minat siswa, (f) kreativitas, (g) motivasi, dan (h)
kemampuan bernalar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pentingnya guru matematika SMK memilih buku pelajaran dengan mempertimbangan dari beberapa aspek. Aspek-aspek tersebut diatas sebagai pedoman yang layak untuk
digunakan, agar supaya guru matematika mendapatkan buku yang baik yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku di sekolah. Disamping itu juga makna pertimbangan sangat berpengaruh dengan keberadaan buku pelajaran. Guru
matematika SMK dalam memilih buku pelajaran disesuaikan dengan maknamakna tersebut agar supaya siswa memiliki kemampuan bernalar yang bagus serta kesiapan setelah lulusan. |
---|