PENINGKATAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN SORTIR KARTU (CARD SORT) (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 8 Salatiga)

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran Sortir Kartu (Card Sort). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas VII SMP Negeri 8 Salatiga seba...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: NOVIANA, ERWIN
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/13590/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran Sortir Kartu (Card Sort). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas VII SMP Negeri 8 Salatiga sebagai subyek pemberi tindakan dan siswa kelas VIIB yang berjumlah 34 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini diperoleh, a) antusias siswa dalam mengikuti KBM sebelum tindakan sebesar 29,41% dan diakhir tindakan mencapai 82,35%, b) kemauan siswa untuk menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lain sebelum tindakan sebesar 8,82% dan diakhir tindakan mencapai 73,53%, c) kemauan siswa untuk mengerjakan latihan soal sebelum tindakan sebesar 47,06% dan diakhir tindakan mencapai 82,35%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Sortir Kartu (Card Sort) pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi siswa.