PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA (PTK siswa kelas VI di SD Negeri 4 Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika melalui model pembelajaran tutor sebaya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 4 Kartasura yang berjumlah 27 siswa. Metode pen...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: SETIYANINGSIH, DWI AYU
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/13586/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
_version_ 1804995917958348800
author SETIYANINGSIH, DWI AYU
author_facet SETIYANINGSIH, DWI AYU
author_sort SETIYANINGSIH, DWI AYU
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika melalui model pembelajaran tutor sebaya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 4 Kartasura yang berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian adalah terjadinya peningkatan pemahaman konsep matematika melalui model pembelajaran tutor sebaya. Adapun peningkatan pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika yaitu: 1) Siswa yang mampu menjawab pertanyaan dari guru sebelum tindakan sebesar 22,22%, pada putaran I meningkat menjadi 37,04%, putaran II sebesar 48,15%, dan pada putaran III meningkat menjadi 59,26%. 2) Siswa yang mampu mengemukakan pendapat sebelum tindakan sebesar 18,52%, pada putaran I meningkat menjadi 33,33%, putaran II sebesar 48,15%, dan pada putaran III meningkat menjadi 62,96%. 3) Siswa yang aktif didalam kelompok tindakan sebesar 22,22%, pada putaran I meningkat menjadi 40,74%, putaran II sebesar 55,56%, dan pada putaran III meningkat menjadi 70,37%. 4) Siswa yang mampu menyimpulkan materi sebelum tindakan sebesar 3,70%, pada putaran I meningkat menjadi 18,15%, putaran II sebesar 25,92%, dan pada putaran III meningkat menjadi 40,74%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui model pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dalam pembelajaran matematika.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13586
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13586 https://eprints.ums.ac.id/13586/ PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA (PTK siswa kelas VI di SD Negeri 4 Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011) SETIYANINGSIH, DWI AYU LB Theory and practice of education Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika melalui model pembelajaran tutor sebaya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 4 Kartasura yang berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian adalah terjadinya peningkatan pemahaman konsep matematika melalui model pembelajaran tutor sebaya. Adapun peningkatan pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika yaitu: 1) Siswa yang mampu menjawab pertanyaan dari guru sebelum tindakan sebesar 22,22%, pada putaran I meningkat menjadi 37,04%, putaran II sebesar 48,15%, dan pada putaran III meningkat menjadi 59,26%. 2) Siswa yang mampu mengemukakan pendapat sebelum tindakan sebesar 18,52%, pada putaran I meningkat menjadi 33,33%, putaran II sebesar 48,15%, dan pada putaran III meningkat menjadi 62,96%. 3) Siswa yang aktif didalam kelompok tindakan sebesar 22,22%, pada putaran I meningkat menjadi 40,74%, putaran II sebesar 55,56%, dan pada putaran III meningkat menjadi 70,37%. 4) Siswa yang mampu menyimpulkan materi sebelum tindakan sebesar 3,70%, pada putaran I meningkat menjadi 18,15%, putaran II sebesar 25,92%, dan pada putaran III meningkat menjadi 40,74%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui model pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dalam pembelajaran matematika. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13586/1/2._Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13586/3/3._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13586/6/4._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13586/9/5._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13586/11/6._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13586/13/7._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13586/17/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13586/19/9._Lampiran.pdf SETIYANINGSIH, DWI AYU (2011) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA (PTK siswa kelas VI di SD Negeri 4 Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070231
spellingShingle LB Theory and practice of education
SETIYANINGSIH, DWI AYU
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA (PTK siswa kelas VI di SD Negeri 4 Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011)
title PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA (PTK siswa kelas VI di SD Negeri 4 Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011)
title_full PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA (PTK siswa kelas VI di SD Negeri 4 Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011)
title_fullStr PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA (PTK siswa kelas VI di SD Negeri 4 Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011)
title_full_unstemmed PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA (PTK siswa kelas VI di SD Negeri 4 Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011)
title_short PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA (PTK siswa kelas VI di SD Negeri 4 Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011)
title_sort peningkatan pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran tutor sebaya ptk siswa kelas vi di sd negeri 4 kartasura tahun ajaran 2010 2011
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/13586/
work_keys_str_mv AT setiyaningsihdwiayu peningkatanpemahamankonsepdalampembelajaranmatematikamelaluimodelpembelajarantutorsebayaptksiswakelasvidisdnegeri4kartasuratahunajaran20102011