PENGARUH PRESTASI PERENCANAAN PEMBELAJARAN AKUNTANSI DAN MICROTEACHING TERHADAP PRESTASI PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA 2007

PENGARUH PRESTASI PERENCANAAN PEMBELAJARAN AKUNTANSI DAN MICROTEACHING TERHADAP PRESTASI MAHASISWA PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN JURUSAN PENDIDIKAN AKUNTANSI 2007 Pramoniliya Kristanti . A 210 070 163. Jurusan Pendidikan Akuntansi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah S...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: KRISTANTI , PRAMONILIYA
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
English
English
English
English
English
English
出版事項: 2011
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/13533/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
その他の書誌記述
要約:PENGARUH PRESTASI PERENCANAAN PEMBELAJARAN AKUNTANSI DAN MICROTEACHING TERHADAP PRESTASI MAHASISWA PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN JURUSAN PENDIDIKAN AKUNTANSI 2007 Pramoniliya Kristanti . A 210 070 163. Jurusan Pendidikan Akuntansi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011. Tujuan dari penelitian ini : 1) Ingin mengetahui pengaruh prestasi Perencanaan Pembelajaran Akuntansi terhadap Program Pengalaman Lapangan; 2) Ingin mengetahui pengaruh Microteaching terhadap prestasi Program Pengalaman Lapangan; 3) Penulis ingin lebih memahami tetang mata kuliah Perencanaan Pembelajaran Akuntasi, Mikroteaching, Program Pengalaman Lapangan yang merupakan bekal sebagai calon pendidik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2007 yang berjumlah 165 mahasiswa. Sampel diambil sebanyak adalah 105 orang siswa dengan teknik simple random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 8,988 + 0,254X1 + 0,505X2. Persamaan tersebut menunjukkan bahwa prestasi Program Pengalaman Lapangan di pengaruhi oleh nilai perencanaan Pembelajaran Akuntansi dan Microteaching. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifiksn antara prestasi perencanaan Pembelajaran Akuntansi terhadap prestasi Program Pengalaman Lapangan dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,115 > 1,983 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,002 dengan sumbangan relatif sebesar 40% dan sumbangan efektif 10,36%; 2) Ada pengaruh yang positif antara Microteching terhadap prestasi Program Pengalaman Lapangan dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 4,056 > 1,983 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan relatif sebesar 60% dan sumbangan efektif 15,54%; 3) Ada pengaruh yang positif antara prestasi Perencanaan Pembelajaran Akuntansi dan Microteaching terhadap prestasi Program Pengalaman Lapangan dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 17,863 > 3,085 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,259 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh prestasi perencanaan pembelajaran akuntansi dan Microteaching terhadap prestasi Program Pengalaman Lapangan mahasiswa adalah sebesar 25,9%, sedangkan 74,1% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.