UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA MELALUI MEDIA BIG BOOK DI BA AISYIYAH BAKIPANDEYAN O2 SUKOHARJO KELOMPOK B TAHUN AJARAN 2010/2011
Motivasi belajar membaca anak perlu ditingkatkan, oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar membaca anak adalah melalui media Big Book. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar membaca anak melalui...
Shranjeno v:
Glavni avtor: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Jezik: | English English English English English English English English |
Izdano: |
2011
|
Teme: | |
Online dostop: | https://eprints.ums.ac.id/13500/ |
Oznake: |
Označite
Brez oznak, prvi označite!
|
Izvleček: | Motivasi belajar membaca anak perlu ditingkatkan, oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar membaca anak adalah melalui media Big Book. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar membaca anak melalui media Big Book. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian
ini adalah anak didik kelompok B di BA Aisyiyah Bakipandeyan 02 Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Data motivasi belajar membaca dikumpulkan melalui pedoman observasi. Data pembelajaran membaca melalui media Big Book dikumpulkan melalui lembar observasi catatan lapangan dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar membaca anak dengan menggunakan media Big Book yakni sebelum tindakan
36.19%, siklus I mencapai 48.84%, siklus II mencapai 64.27%, dan siklus III mencapai 88.50%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media Big Book dapat meningkatkan motivasi belajar membaca anak. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan telah teruji kebenarannya. |
---|