PENGAWASAN KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 2 GUNTING KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN KLATEN

Proses pembelajaran adalah merupakan suatu sistem. Dengan demikian, pencapaian standar proses untuk meningkatkan kualitas pendidikan dapat dimulai dari menganalisis setiap komponen yang dapat membentuk dan mempengaruhi proses pembelajaran. Berbagai media dapat dipergunakan di dalam menyampaikan pros...

Fuld beskrivelse

Saved in:
Bibliografiske detaljer
Hovedforfatter: HARDONO, HARDONO
Format: Thesis
Sprog:English
English
English
English
English
English
English
English
English
Udgivet: 2011
Fag:
Online adgang:https://eprints.ums.ac.id/13466/
Tags: Tilføj Tag
Ingen Tags, Vær først til at tagge denne postø!
Beskrivelse
Summary:Proses pembelajaran adalah merupakan suatu sistem. Dengan demikian, pencapaian standar proses untuk meningkatkan kualitas pendidikan dapat dimulai dari menganalisis setiap komponen yang dapat membentuk dan mempengaruhi proses pembelajaran. Berbagai media dapat dipergunakan di dalam menyampaikan proses pembelajaran dan pengenalan pendidikan. Pendidikan adalah salah satu sarana untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sebuah institusi sekolah. Sedangkan guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pendidikan, perlu ditingkatkan kualitas manajemen pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui interaksi pembelajaran di SD Negeri 2 Gunting Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten, (2) mengetahui kedisiplinan mengajar di SD Negeri 2 Gunting Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten, dan (3) mengetahui administrasi pembelajaran di SD Negeri 2 Gunting Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten. Jenis penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitiannya adalah di SD Negeri 2 Gunting Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten. Temuan dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di SD Negeri 2 Gunting, yang dilakukan kepala sekolah selaku manajerial, motivator, administrator, pengawas, dan juga sebagai evaluator. Penelitian ini menghasilkan bahwa : (1) interaksi pembelajaran antara guru dan siswa didik di SD Negeri 2 Gunting Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten dirasakan sudah cukup baik, (2) pengawasan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kedisiplinan guru di SD Negeri 2 Gunting telah berhasil dengan baik, dan (3) secara administratif dapat dilihat bahwa masih ada beberapa guru di SD Negeri 2 Gunting yang tidak melaksanakan rencana semester dan rencana tahunan serta pembuatan laporan semester maupun laporan tahunan.