PENGELOLAAN PEMBELAJARAN TEMATIK (Studi Situs SD Negeri 3 Sumber Agung, Klego, Boyolali)

Tujuan umum penelitian adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran tematik di SD Negeri 3 Sumber Agung Klego Boyolali. Sedangkan tujuan khusus: (1) Untuk mendeskripsikan pengelolaan ruang pembelajaran tematik di SD Negeri 3 Sumber Agung Klego Boyolali. (2) Untuk mendeskripsikan pengelolaan...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: PURWANTO , PURWANTO
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/13431/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Tujuan umum penelitian adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran tematik di SD Negeri 3 Sumber Agung Klego Boyolali. Sedangkan tujuan khusus: (1) Untuk mendeskripsikan pengelolaan ruang pembelajaran tematik di SD Negeri 3 Sumber Agung Klego Boyolali. (2) Untuk mendeskripsikan pengelolaan materi pembelajaran tematik di SD Negeri 3 Sumber Agung Klego Boyolali.(3) Untuk mendeskripsikan pengelolaan interaksi pembelajaran tematik di SD Negeri 3 Sumber Agung Klego Boyolali. Pendekatan dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif, dengan lokasi penelitian di SD Negeri 3 Sumber Agung. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian: (1) Penyusunan tata ruang dalam pembelajaran tematik berdasarkan kemauan guru namun pelaksanaannya penyusunan ruang kelas diserahkan staf yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah, pada waktu tertentu sesuai dengan kebutuhan guru. Penyusunan ruang model konferensi digunakan guru klas 3 dalam pembelajaran tematik dengan menggunakan model kooperatif. Model U digunakan pada kelas 1 dalam pembelajaran tematik dengan tujuan agar guru dapat memperhatikan siswa secara langsung. (2) Penyusunan materi pembelajaran tematik dilakukan dengan dua tahap, yaitu tahap penjajakan dan tahap penyusunan program. Tahap penjajakan terdiri dari kegiatan pembuatan matriks hubungan standar kompetensi dan kompetensi dasar, tahap pembuatan jaringan tema dan tahap pembuatan jaringan topik. Tahap penyusunan program terdiri dari kegiatan penyusunan program satuan kegiatan mingguan (SKM), tahap penyusunan perangkat pembelajaran dan tahap penyusunan RPP. (3) Interaksi siswa dalam pembelajaran tematik terjadi antara siswa dengan siswa, dengan sumber belajar, dan dengan pendidik. Dalam pembelajaran tematik, Siswa belajar melalui perilaku aktif siswa dalam mengikuti pembelajaran. Dalam pembelajaran tematik Guru sekedar memberikan sedikit pengetahuan, selanjutnya siswa aktif dalam mengembangkan apa yang disampaikan oleh guru. Interaksi dengan siswa lain, tidak hanya berlangsung dalam kelas, tetapi pada saat di luar kelaspun siswa berinteraksi dengan teman sebayanya.