UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENGARANG DENGAN METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV MI GUPPI WIRONANGGAN KECAMATAN GATAK KABUPATEN SUKOHARJO
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “upaya meningkatkan ketrampilan mengarang dengan metode Mind Mapping dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV MI GUPPI Wironanggan kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo”. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, s...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
语言: | English English English English English English English English |
出版: |
2011
|
主题: | |
在线阅读: | https://eprints.ums.ac.id/13384/ |
标签: |
添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
|
总结: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “upaya meningkatkan
ketrampilan mengarang dengan metode Mind Mapping dalam pembelajaran
Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV MI GUPPI Wironanggan kecamatan Gatak
Kabupaten Sukoharjo”.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, strategi yang digunakan
kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah ketrampilan mengarang siswa
kelas IV MI GUPPI Wironanggan kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo dalam
mengarang dengan model pemetaan pikiran (mind mapping). Rancangan
penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus yang terdiri dari dua siklus.
Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara,
dokumentasi, dan tehnik tes. Tehnik analisis data yang digunakan adalah tehnik
analisis kritis.
Dari hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan ketrampilan
mengarang siswa kelas IV Semester II melalui metode pemetaan pikiran (mind
mapping) terbukti dengan nilai rata-rata kelas pada pra tindakan 63,09, pada siklus
1 nilai rata-rata kelas meningkat sebesar 71,47 dan siklus II nilai rata-rata kelas
meningkat lagi sebesar 89,47. Perolehan nilai tuntas pada sebelum tindakan
sebanyak 52%, siklus I sebanyak 75,49%, dan pada siklus II semua siswa sdah
mencapai KKM sebanyak 100%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode
pemetaan pikiran (mind mapping) terbukti mampu meningkatkan ketrampilan
mengarang pada siswa kelas IV MI GUPPI Wironanggan kecamatan Gatak
Kabupaten Sukoharjo. |
---|