PENERAPAN MEDIA GAMBAR DENGAN PENDEKATAN INFORMATION COMMU NICATION AND TECHNOLOGY (ICT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN “ENERGI ALTERNATIF” PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SENDANGHARJO KARANGRAYUNG TAHUN AJARAN 2011/2012
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar IPA pokok bahasan energi alternatif pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Sendangharjo Karangrayung Tahun Ajaran 2011/2012 melalui media gambar dengan pendekatan Information Communication and Technology (ICT). Penelitian ini merupakan...
Saved in:
Hovedforfatter: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Sprog: | English English English English English English English English |
Udgivet: |
2011
|
Fag: | |
Online adgang: | https://eprints.ums.ac.id/13375/ |
Tags: |
Tilføj Tag
Ingen Tags, Vær først til at tagge denne postø!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar IPA pokok
bahasan energi alternatif pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Sendangharjo
Karangrayung Tahun Ajaran 2011/2012 melalui media gambar dengan
pendekatan Information Communication and Technology (ICT). Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus.
Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Sendangharjo yang
berjumlah 38 siswa. Data hasil belajar IPA diambil dengan menggunakan observasi,
tes, dokumentasi dan wawancara. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik
triangulasi. Analisis data dari penelitian adalah dengan cara deskreptif kualitatif, yaitu
cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Sebelum tindakan didapat rata-rata hasil belajar siswa pada aspek kognitif sebesar
63,02 dan rata-rata siklus I meningkat menjadi 66,71 pada aspek afektif diperoleh
data 18,13 (cukup berminat), pada siklus II hasil belajar pada aspek kognitif
meningkat menjadi 68,68 dan aspek afektif juga meningkat menjadi 19,18 (cukup
berminat), dan siklus III rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif meningkat menjadi
72,10 dan aspek afektif meningkat menjadi 20,52 (berminat), sehingga dari penelitian
ini dapat diambil kesimpulan bahwa : “Penerapan media gambar dengan Pendekatan
Information Communication and Technologi (ICT) dapat meningkatkan hasil belajar
siswa kelas IV SD Negeri 1 Sendangharjo Karangrayung.
|
---|