PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DENGAN PENDEKATAN TUTOR SEBAYA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VI SD Negeri Kartasura 06)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Active Learning dengan pendekatan tutor sebaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VI SD Negeri Kartasura 06 yang berj...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
语言: | English English English English English English English English |
出版: |
2011
|
主题: | |
在线阅读: | https://eprints.ums.ac.id/13367/ |
标签: |
添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
|
总结: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar
siswa melalui penerapan model pembelajaran Active Learning dengan pendekatan
tutor sebaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek
penerima tindakan adalah siswa kelas VI SD Negeri Kartasura 06 yang berjumlah
15 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan catatan
lapangan. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif melalui
metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan
dikembangkan selama proses pembelajaran, alur yang dilalui meliputi reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan
adanya peningkatan minat belajar siswa pada pokok bahasan Aritmetika. Hal ini
dapat dilihat dari : 1) keaktifan bertanya siswa dalam pembelajaran sebelum
tindakan sebanyak 13,33%, di akhir tindakan menjadi 50%, 2) siswa yang
mengemukakan ide atau pendapat sebelum tindakan sebanyak 6,67%, di akhir
tindakan naik menjadi 35,71%, 3) kemauan siswa mengerjakan soal di depan
kelas sebelum tindakan sebanyak 13,33%, di akhir tindakan naik menjadi 64,29%,
dan 4) siswa dalam membuat kesimpulan di akhir pembelajaran sebelum tindakan
sebanyak 6,67%, di akhir tindakan naik menjadi 42,86%. Hasil tes tertulis yang
dilakukan sebelum dan sesudah tindakan menunjukkan adanya peningkatan pada
hasil belajar siswa. Sebelum adanya tindakan kelas siswa yang mendapat nilai di
atas KKM hanya sebanyak 25% dan di akhir tindakan menjadi 71,43%. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran active learning
dengan pendekatan tutor sebaya dalam pembelajaran matematika dapat
meningkatkan minat belajar siswa sehingga berdampak pula terhadap peningkatan
hasil belajarnya. |
---|