HUBUNGAN INTENSITAS BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD NEGERI MAKAMHAJI 03 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui hubungan antara intensitas bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas IV di SD Negeri Makamhaji 03 Kartasura tahun pelajaran 2010/2011. Hipotesis yang diuji: ada hubungan yang positif antara intensitas bimbingan belajar orang t...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: SUTARYANTO , SUTARYANTO
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/13365/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui hubungan antara intensitas bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas IV di SD Negeri Makamhaji 03 Kartasura tahun pelajaran 2010/2011. Hipotesis yang diuji: ada hubungan yang positif antara intensitas bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas IV di SD Negeri Makamhaji 03 Kartasura tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Makamhaji 03 Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Populasi berjumlah 48 siswa, karena jumlah populasi kurang dari 100, maka seluruh populasi dijadikan sampel dalam penelitian, dengan pertimbangan untuk mengurangi resiko kesalahan dalam pengambilan sampel. Variabel bebasnya yaitu intensitas bimbingan belajar orang tua, sedangkan variabel terikatnya yaitu prestasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Uji Prasyarat analisis dengan menggnakan uji normalitas, uji linieritas dan uji keberartian. Dengan α= 5% diperoleh hasil: ada hubungan yang positif antara intensitas bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas IV di SD Negeri Makamhaji 03 Kartasura tahun pelajaran 2010/2011, dengan thitung = 11,55 dan ttabel = 1,684. Karena thitung � ttabel, maka hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Oleh karena itu dapat diartikan bahwa ada hubungan yang positif antara intensitas bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar siswa.