HUBUNGAN INTENSITAS BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD NEGERI MAKAMHAJI 03 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui hubungan antara intensitas bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas IV di SD Negeri Makamhaji 03 Kartasura tahun pelajaran 2010/2011. Hipotesis yang diuji: ada hubungan yang positif antara intensitas bimbingan belajar orang t...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13365/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui hubungan antara intensitas
bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas IV di SD
Negeri Makamhaji 03 Kartasura tahun pelajaran 2010/2011. Hipotesis yang
diuji: ada hubungan yang positif antara intensitas bimbingan belajar orang tua
terhadap prestasi belajar siswa kelas IV di SD Negeri Makamhaji 03
Kartasura tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri
Makamhaji 03 Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Populasi berjumlah 48 siswa,
karena jumlah populasi kurang dari 100, maka seluruh populasi dijadikan
sampel dalam penelitian, dengan pertimbangan untuk mengurangi resiko
kesalahan dalam pengambilan sampel. Variabel bebasnya yaitu intensitas
bimbingan belajar orang tua, sedangkan variabel terikatnya yaitu prestasi
belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan
metode angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan
analisis regresi linier sederhana. Uji Prasyarat analisis dengan menggnakan
uji normalitas, uji linieritas dan uji keberartian. Dengan α= 5% diperoleh
hasil: ada hubungan yang positif antara intensitas bimbingan belajar orang tua
terhadap prestasi belajar siswa kelas IV di SD Negeri Makamhaji 03
Kartasura tahun pelajaran 2010/2011, dengan thitung = 11,55 dan ttabel = 1,684.
Karena thitung � ttabel, maka hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Oleh
karena itu dapat diartikan bahwa ada hubungan yang positif antara intensitas
bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar siswa.
|
---|