PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI DENGAN MEDIA BUKU HARIAN PADA SISWA KELAS VIIF SMP NEGERI 2 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas VIIF SMP N 2 Kartasura tahun Pelajaran 2010-2011 dengan media buku harian dalam hal kemampuan menyusun alur cerita, kemampuan menghadirkan tokoh dan kemampuan menggayabahasakan cerita. Subjek penelitia...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
语言: | English English English English English English English English |
出版: |
2011
|
主题: | |
在线阅读: | https://eprints.ums.ac.id/13362/ |
标签: |
添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
|
总结: | Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi pada
siswa kelas VIIF SMP N 2 Kartasura tahun Pelajaran 2010-2011 dengan media
buku harian dalam hal kemampuan menyusun alur cerita, kemampuan
menghadirkan tokoh dan kemampuan menggayabahasakan cerita. Subjek
penelitian tindakan adalah siswa kelas VIIF SMP N 2 Kartasura yang berjumlah
40 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau nara sumber
yaitu guru Bahasa Indonesia dan murid kelas VIIF SMP N 2 Kartasura, tempat
dan peristiwa berlangsungnya pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan
metode observasi, wawancara, test dan dokumentasi. Analisis data dilakukan
dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari
tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan dan
refleksi dalam proses yang berbentuk siklus.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis narasi siswa
meningkat mulai dari hal menyusun alur cerita, menghadirkan tokoh dan
menggayabahasakan cerita dengan penggunaan buku harian sebagai medianya.
Dari 40 siswa kelas VIIF yang mengikuti test 39 siswa pada tahap prites hanya 9
siswa atau 23,08% yang sudah tutas KKM (70). Pada tahap siklus I meningkat
menjadi 18 siswa telah tuntas KKM atau 46,15%, dan hasil semakin meningkat
pada siklus II sebanyak 33 siswa telah tuntas KKM atau 84,62%. Berdasarkan
hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media buku harian dapat
membantu meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi
dibandingkan tanpa penggunaan media pembelajaran. |
---|