PENERAPAN METODE INKUIRI DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN 3 TEGALGONDO KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011

Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode inkuiri dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Tegalgondo, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas, dengan jumlah 27 s...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: FATIMAH , WARASTUTI KURNIAWATI DIAN
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
English
English
English
English
English
English
出版事項: 2011
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/13312/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
その他の書誌記述
要約:Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode inkuiri dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Tegalgondo, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas, dengan jumlah 27 siswa ( 15 putra dan 12 putri ) dan guru kelas IV SD. Sumber data yang digunakan yaitu: sumber data pokok ( primer ) yaitu siswa, guru dan Kepala Sekolah. Sumber data sekunder meliputi arsip / dokumen hasil pengamatan, tes hasil belajar, dan foto. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan (observasi),wawancara, dan dokumen. Data yang dikumpulkan untuk dianalisis dalam penelitian tindakan kelas ini terdiri dari data aktivitas siswa dan data prestasi belajar siswa. Dalam penelitian ini, guru bertindak sebagai kolaboran atau pengamat dan peran penulis sebagai fasilitator pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas IV SDN 3 Tegalgondo, Wonosari, Klaten dari siklus I sebesar 63%, siklus II 81%, dan siklus III 93 %.