PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE TALKING STICK DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI PABELAN 01 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri Pabelan 01 Kartasura. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: PRAMITA, RESTI
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/13306/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri Pabelan 01 Kartasura. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Pabelan 01 Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011 sebanyak 20 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan prosentase ketuntasan belajar siswa yang mencapai KKM (≥65) yaitu 8 siswa (40%) sebelum tindakan. Putaran I meningkat menjadi 12 siswa (60%), dan putaran II (putaran terakhir) meningkat lagi menjadi 17 siswa (85%). Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan 57,25 meningkat menjadi 66,75 pada putaran I. Pada putaran II (putaran terakhir) meningkat menjadi 77,95. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan metode Talking Stick dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri Pabelan 01 Kartasura.