PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN STRATEGI SAINS TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI PABELAN 01 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan penerapan strategi sains teknologi dan masyarakat pada siswa kelas VI SD Negeri Pabelan 01 Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, tindakan, o...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: AMBARWATI , RIA
格式: Thesis
語言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/13302/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan penerapan strategi sains teknologi dan masyarakat pada siswa kelas VI SD Negeri Pabelan 01 Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dengan strategi sains teknologi dan masyarakat yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan dengan penilaian kognitif dan afektif dalam setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kognitif siswa pada siklus I meningkat menjadi 73,68 dari nilai awal sebesar 68,68; sedangkan nilai rata-rata afektif pada siklus I sebesar 14,89 (termasuk kategori cukup berminat). Nilai rata-rata kognitif pada siklus II meningkat menjadi 81,57 dari siklus I yang hanya73,68; sedangkan nilai rata-rata afektif meningkat menjadi 16,52 (termasuk kategori berminat). Berdasarkam hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan strategi sains teknologi dan masyarakat dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada kelas VI SD Negeri Pabelan 01 Kartasura tahun ajaran 2010/2011.