PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (Think Pair Share) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII RKBI SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan ekosistem dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) pada siswa SMP Muhammadiyah 7 Surakarta kelas VII RKBI tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitia...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
语言: | English English English English English English English English |
出版: |
2011
|
主题: | |
在线阅读: | https://eprints.ums.ac.id/13288/ |
标签: |
添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
|
总结: | Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada
pokok bahasan ekosistem dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif
tipe TPS (Think Pair Share) pada siswa SMP Muhammadiyah 7 Surakarta kelas
VII RKBI tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian PTK
yang terdiri dari 3 siklus yaitu siklus I, II, III. Hasil belajar siwa dalam penelitian
ini meliputi hasil belajar dari ranah kognitif dan ranah afektif. Data dalam
penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik dokumentasi, wawancara,
observasi, angket, test, dan catatan lapangan. Analisis data dari penelitian ini
adalah deskriptif kualitatif, yaitu menguraikan secara deskriptif tentang
perkembangan proses pembelajaran siswa dari siklus I sampai siklus III. Penelitian
ini diawali dengan menyelesaian masalah secara mandiri, membentuk kelompok
diskusi dan diakhiri dengan presentasi tiap-tiap kelompok selanjutnya
dilaksanakan post-test pada tiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
rata-rata hasil belajar pada siklus I ranah kognitif = 67 ranah afektif = 68,80%,
siklus II ranah kognitif= 70,08; ranah afektif = 78,93% dan siklus III ranah
kognitif = 79; ranah afektif = 84,80%. Dari hasil penelitian dapat dilihat adanya
peningkatan hasil belajar pada tiap-tiap siklus. Dapat disimpulkan bahwa Model
pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think pair Share) dapat meningkatkan hasil
belajar biologi siswa kelas VII RKBI dari ranah kognitif dan afektif. |
---|