PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP GARIS DAN SUDUT MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN INQUIRY TERBIMBING (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas VII SMP N 2 Sidoharjo)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan keaktifan dan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan Garis dan Sudut melalui Pendekatan Kontekstual dengan Inquiry Terbimbing. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek peneri...
محفوظ في:
المؤلف الرئيسي: | |
---|---|
التنسيق: | أطروحة |
اللغة: | English English English English English English |
منشور في: |
2011
|
الموضوعات: | |
الوصول للمادة أونلاين: | https://eprints.ums.ac.id/13275/ |
الوسوم: |
إضافة وسم
لا توجد وسوم, كن أول من يضع وسما على هذه التسجيلة!
|
الملخص: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan keaktifan dan
pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan Garis dan Sudut
melalui Pendekatan Kontekstual dengan Inquiry Terbimbing. Jenis penelitian
pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima
tindakan adalah siswa kelas VIIC SMP Negeri 2 Sidoharjo, Sragen yang
berjumlah 36 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru
matematika kelas VIIC. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes,
observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data
digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah
deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya
peningkatan keaktifan siswa, hal ini dapat dilihat dari 1) Keberanian siswa
mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 8,33 % dan setelah tindakan 61,11 %,
2) Keberanian siswa menjawab pertanyaan sebelum tindakan 11,11% dan setelah
tindakan 72,22 %, 3) Keberanian siswa mengerjakan soal didepan kelas sebelum
tindakan 5,56 % dan setelah tindakan 63,89 %. Hasil penelitian ini juga
menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada
pokok bahasan Garis dan Sudut, hal ini dapat dilihat dari hasil tes pemahaman
konsep matematika materi Garis dan Sudut yang ≥ KKM sebelum tindakan 11,11
% dan setelah tindakan 97,22 %. |
---|