PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PICTURE INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV B SD NEGERI KLECO 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dalam pembelajaran IPA melalui strategi pembelajaran picture index card match. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV B SD N Kleco 2 Surakarta yang berju...
সংরক্ষণ করুন:
প্রধান লেখক: | |
---|---|
বিন্যাস: | গবেষণাপত্র |
ভাষা: | English English English English English English English English |
প্রকাশিত: |
2011
|
বিষয়গুলি: | |
অনলাইন ব্যবহার করুন: | https://eprints.ums.ac.id/13165/ |
ট্যাগগুলো: |
ট্যাগ যুক্ত করুন
কোনো ট্যাগ নেই, প্রথমজন হিসাবে ট্যাগ করুন!
|
সংক্ষিপ্ত: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dalam
pembelajaran IPA melalui strategi pembelajaran picture index card match. Jenis
penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan
adalah siswa kelas IV B SD N Kleco 2 Surakarta yang berjumlah 37 siswa. Metode
pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis
data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah: reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya
peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada pokok bahasan
kelompok benda berdasarkan asalnya. Hal ini dapat dilihat dari 1) memperhatikan
penjelasan guru sebelum diadakan tindakan sebesar 21,62 %, di akhir siklus
mencapai 94,59 %, 2) bertanya sebelum diadakan tindakan sebesar 13,51 % di akhir
siklus mencapai 91,89 %, serta 3) menjawab pertanyaan sebelum diadakan tindakan
sebesar 40,54 %, pada di akhir siklus mencapai 94,59 %. Hasil tes tertulis yang
dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada
hasil belajar siswa. Sebelum diberikan tindakan kelas, hasil belajar siswa mencapai
daya serap 48,65 %, sedangkan di akhir tindakan hasil belajar siswa mencapai daya
serap 94,59 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran picture
index card match dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan motivasi belajar
siswa sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar. |
---|