PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VB SD NEGERI GEMOLONG 4 TAHUN AJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan nilai hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui strategi pembelajaran Question Student Have. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kel...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: ARINI , YUNITA CATUR
格式: Thesis
語言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/13163/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan nilai hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui strategi pembelajaran Question Student Have. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VB SD Negeri Gemolong 4 yang berjumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada pokok bahasan cahaya dan sifat-sifatnya. Hal ini dapat dilihat dari 1) aktif mengajukan pertanyaan pada putaran I sebesar 09,10 %, pada putaran II sebesar 36,36 %, di akhir putaran mencapai 54,54 %, 2) aktif menjawab pertanyaan dari guru pada putaran I sebesar 13,63 %, pada putaran II sebesar 27,27 %, di akhir putaran mencapai 47,62 %, serta 3) nilai hasil belajar meningkat atau nilai > 70 pada putaran I sebesar 09,10 %, pada putaran II sebesar 31,82 %, di akhir putaran mencapai 61,90 %. Hasil tes tertulis yang dilakukan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Hasil belajar siswa pada putaran I mencapai daya serap 09,10 %, pada putaran II mencapai daya serap 31,82 % sedangkan di akhir tindakan prestasi belajar siswa mencapai daya serap 61,90 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran Question Student Have dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar.