USAHA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI JATIBATUR 2 GEMOLONG SRAGEN

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Jatibatur 2 Gemolong Sragen tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing. Subyek dalam penelitian ini adalah...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: HANDAYANI , RIANA
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
English
English
English
English
English
English
出版事項: 2011
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/13162/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
その他の書誌記述
要約:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Jatibatur 2 Gemolong Sragen tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Setelah diterapkan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing diperoleh hasil yaitu ada peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 65 sebelum tindakan sebanyak 8 siswa (40%), siklus I sebanyak 14 siswa (70 %), siklus II sebanyak 18 siswa (90 %). Siklus dihentikan karena hasil yang diperoleh siswa telah mencapai target yang diinginkan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Jatibatur 2 Gemolong Sragen tahun pelajaran 2010/2011.