PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ENERGI ALTERNATIF PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 REJOSARI KEC. GROBOGAN KAB. GROBOGAN TAHUN AJARAN 2010/2011
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk : 1) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pokok yang meliputi metode observasi dan metode tes serta metode bantu yang melipu...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
語言: | English English English English English English English English |
出版: |
2011
|
主題: | |
在線閱讀: | https://eprints.ums.ac.id/13152/ |
標簽: |
添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
|
總結: | Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk : 1) mengetahui peningkatan
hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Everyone Is A Teacher
Here. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pokok yang
meliputi metode observasi dan metode tes serta metode bantu yang meliputi
catatan lapangan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut
menunjukkan: 1) penerapan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here
dapat meningkatkan hasil belajar IPA, (a) siswa yang berani mengajukan
pertanyaan sebelum tindakan sebesar 23,07%, dan pada akhir tindakan 65,78%,
(b) siswa yang aktif mengerjakan soal sebelum tindakan sebesar 86,61%, dan
akhir tindakan 100%, (c) siswa yang berani menjawab pertanyaan sebelum
tindakan sebesar 12,82%, dan pada akhir tindakan 34,21%. Mengacu hasil
penelitian tersebut, peneliti mengambil kesimpulan penerapan model
pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar
siswa dalam pembelajaran IPA. |
---|