PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MENERAPKAN METODE PENGAJARAN KOLABORASI SISWA KELAS VIII MTS NEGERI PLUPUH TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan proses belajar dengan menggunakan metode kolaborasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VIII MTs Negeri Plupuh Tahun Pelajaran 2010/2011 dan mengetahui pelaksanaan metode kolaborasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dala...

Olles dieđut

Furkejuvvon:
Bibliográfalaš dieđut
Váldodahkki: KUSUMA. W , BAYU
Materiálatiipa: Oahppočájánas
Giella:English
English
English
English
English
English
English
English
Almmustuhtton: 2011
Fáttát:
Liŋkkat:https://eprints.ums.ac.id/13098/
Fáddágilkorat: Lasit fáddágilkoriid
Eai fáddágilkorat, Lasit vuosttaš fáddágilkora!
Govvádus
Čoahkkáigeassu:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan proses belajar dengan menggunakan metode kolaborasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VIII MTs Negeri Plupuh Tahun Pelajaran 2010/2011 dan mengetahui pelaksanaan metode kolaborasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas VIII MTs Negeri Plupuh Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian berbasis kelas dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan metode non tes yang meliputi observasi dan wawancara serta dokumentasi. Berdasarkananalisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode kolaborasi dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII MTS Negeri Plupuh Tahun Pelajaran 2010/2011. Hal ini ditunjukkan dari hasil ketuntasan belajar siswa adalah 75%-100%.