PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PROFESIONALISME GURU DAN MEDIA PEMBELAJARAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS VII DI SMP NEGERI I CEPOGO BOYOLALI 2010/2011
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui persepsi siswa tentang pengaruh profesionalisme guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa; 2) Untuk mengetahui persepsi siswa tentang pengaruh media pembelajaran guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa; 3) Untuk me...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
语言: | English English English English English English English English |
出版: |
2011
|
主题: | |
在线阅读: | https://eprints.ums.ac.id/13093/ |
标签: |
添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
|
总结: | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui
persepsi siswa tentang pengaruh profesionalisme guru terhadap prestasi belajar
ekonomi siswa; 2) Untuk mengetahui persepsi siswa tentang pengaruh media
pembelajaran guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa; 3) Untuk mengetahui
persepsi siswa tentang profesionalisme guru dan media pembelajaran guru
terhadap prestasi belajar ekonomi siswa.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan
penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Cepogo Boyolali. Sampel diambil
sebanyak adalah 39 orang siswa dengan teknik proporsional random sampling.
Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket
sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis
data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2
, dan
sumbangan relatif dan efektif.
Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 11,361 +
0,879X1 + 0,962X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar ekonomi
siswa dipengaruhi oleh profesionalisme guru dan media pembelajaran guru.
Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan antara
profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa di SMP N 1 Cepogo
Boyolali” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t)
diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,632 > 2,028 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,012 dengan sumbangan efektif sebesar 18,032%; 2) Ada pengaruh yang
signifikan antara media pembelajaran guru terhadap prestasi belajar siswa di SMP
N 1 Cepogo Boyolali ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,932 > 2,028 dan nilai
signifikansi < 0,05, yaitu 0,006 dengan sumbangan efektif sebesar 21,168%; 3)
Ada pengaruh yang signifikan antara profesionalisme guru dan media
pembelajaran guru secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar
siswa di SMP N 1 Cepogo Boyolali ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis
variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 11,604 >
3,259 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi
yang diperoleh sebesar 0,392. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2
) sebesar
0,392 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh profesionalisme guru dan media
pembelajaran guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa adalah sebesar 39,2%,
sedangkan 60,8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. |
---|