UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN MENERAPKAN METODE SOSIODRAMA PADA KELOMPOK B-2 DI TK AISYIYAH PUCANGAN I KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecerdasan interpersonal anak dengan menerapkan metode sosiodrama. Kecerdasan interpersonal pada anak perlu ditingkatkan karena mempunyai peran penting dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam berhubungan dengan orang lain, oleh karena i...

Cur síos iomlán

Sábháilte in:
Sonraí bibleagrafaíochta
Príomhchruthaitheoir: NANIK , ACIK IRA
Formáid: Tráchtas
Teanga:English
English
English
English
English
English
English
English
Foilsithe / Cruthaithe: 2011
Ábhair:
Rochtain ar líne:https://eprints.ums.ac.id/13074/
Clibeanna: Cuir clib leis
Níl clibeanna ann, Bí ar an gcéad duine le clib a chur leis an taifead seo!
Cur síos
Achoimre:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecerdasan interpersonal anak dengan menerapkan metode sosiodrama. Kecerdasan interpersonal pada anak perlu ditingkatkan karena mempunyai peran penting dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam berhubungan dengan orang lain, oleh karena itu perlu diterapkan suatu metode pembelajaran yang tepat, menarik, dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal adalah dengan menerapkan metode sosiodrama. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B-2 di TK Aisyiyah Pucangan I Kartasura tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan anak maupun untuk mengetahui proses pembelajaran sosiodrama dikumpulkan melalui observasi, dan catatan lapangan. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis dengan tehnik komparasi/perbandingan, yaitu membandingkan antara hasil yang dicapai oleh anak dengan indikator kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kecerdasan interpersonal anak dengan menerapkan metode sosiodrama, yakni sebelum tindakan 38.25%, siklus I mencapai 60.19%, siklus II mencapai 73.50%, dan siklus III mencapai 83.23%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode sosiodrama dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan telah teruji kebenarannya.