PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INFORMATION SEARCH KELAS V SDN 03 BLORONG TAHUN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA siswa materi gaya melalui penerapan strategi pembelajaran information search. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 03 Blorong y...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: HANDAYANI, NURUL
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
English
English
English
English
English
English
出版事項: 2011
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/13052/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
その他の書誌記述
要約:Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA siswa materi gaya melalui penerapan strategi pembelajaran information search. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 03 Blorong yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, test, wawancara dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA siswa pada materi gaya. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang mengalami peningkatan hasil belajar IPA khususnya materi gaya setelah diterapkan strategi tersebut meningkat menjadi 76%. Hal ini berbeda dengan sebelum dilakukannya tindakan siklus I dan siklus II. Perolehan nilai pada siklus I mencapai 62% (16 siswa) dan pada siklus II mencapai 76% (20 siswa). Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran Information Search dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA.