PENERAPAN STRATEGI REACT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SEGI EMPAT (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIIA Semester II Di MTs Salafiyah Mrisi )
Tujuan penelitian (1) meningkatkan pemahaman konsep melalui penerapan strategi REACT dalam pembelajaran matematika dengan mengoptimalkan alat peraga pada siswa kelas VIIA MTs Salafiyah Mrisi, dan (2) meningkatkan prestasi belajar melalui penerapan strategi REACT dalam pembelajaran...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
語言: | English English English English English English English English |
出版: |
2011
|
主題: | |
在線閱讀: | https://eprints.ums.ac.id/13043/ |
標簽: |
添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
|
總結: | Tujuan penelitian (1) meningkatkan pemahaman konsep melalui penerapan
strategi REACT dalam pembelajaran matematika dengan mengoptimalkan alat
peraga pada siswa kelas VIIA MTs Salafiyah Mrisi, dan (2) meningkatkan
prestasi belajar melalui penerapan strategi REACT dalam pembelajaran
matematika dengan mengoptimalkan alat peraga pada siswa kelas VIIA MTs
Salafiyah Mrisi. Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai
tindakan adalah siswa kelas VII A MTs Salafiyah Mrisi, yang berjumlah 28 siswa.
Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan
dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur.
Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) adanya peningkatan pemahaman konsep
siswa dapat dilihat dari indikator banyaknya siswa yang: a) menjawab pertanyaan
sebelum tindakan 12% meningkat menjadi 44,44% pada akhir tindakan, b) aktif
bekerjasama sebelum tindakan 28% meningkat menjadi 70,34% pada akhir
tindakan, c) mempresentasikan hasil pekerjaan sebelum tindakan 4% meningkat
menjadi 25,93% pada akhir tindakan, d) memberi tanggapan terhadap hasil
pekerjaan siswa atau kelompok lain sebelum tindakan 4% meningkat menjadi
48,15% pada akhir tindakan, e) mampu mengkonstruksikan soal ke model
matematika sebelum tindakan 8% meningkat menjadi 66,67% pada akhir
tindakan, dan (2) adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang mendapat nilai
lebih dari sama dengan 60 sebelum tindakan 36% meningkat menjadi 85,19%
pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi
REACT dalam pembelajaran matematika dengan mengoptimalkan alat peraga
dapat meningkatkan pemahaman konsep yang berdampak pada peningkatan
prestasi belajar siswa. |
---|