PENGARUH PENGGUNAAN CONCEPT MAPPING DENGAN METODE PROBLEM POSING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Concept Mapping dengan metode Problem Possing terhadap hasil belajar matematika. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII Semester 2 SMP Negeri 168 Jakarta yang berjumlah 240 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitia...

Ausführliche Beschreibung

Gespeichert in:
Bibliographische Detailangaben
1. Verfasser: NING TYAS, DYAH RETNO
Format: Abschlussarbeit
Sprache:English
English
English
English
English
English
English
English
Veröffentlicht: 2011
Schlagworte:
Online Zugang:https://eprints.ums.ac.id/13042/
Tags: Tag hinzufügen
Keine Tags, Fügen Sie den ersten Tag hinzu!
Beschreibung
Zusammenfassung:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Concept Mapping dengan metode Problem Possing terhadap hasil belajar matematika. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII Semester 2 SMP Negeri 168 Jakarta yang berjumlah 240 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 75 siswa, yang terdiri dari 37 siswa sebagai kelas eksperimen dan 38 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode tes. Teknik analisis data menggunakan uji variansi satu jalur dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis dengan metode Liliefors untuk uji normalitas dan metode bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% diperoleh bahwa terdapat pengaruh penggunaan Concept Mapping dengan metode Problem Posing dalam pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa.